Satu Kampung Bisa dapat Internet Murah Setelah Pria ini Pasang Sendiri Kabel Fiber Optik di Kampungya


Budi Hermawan, warga Desa Mekarsari Kecamatan Cibatu yang mengembangkan aplikasi pemantau pemudik berstatus ODP.

Palingseru.com – Internet saat ini telah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat Indonesia. Terlebih di masa pandemi saat ini, dengan dialihkannya sistem belajar mengajar secara daring atau online untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Namun seperti yang diketahui, bahwa banyak masyarakat terdampak sehingga persoalan membeli kebutuhan internet dirasa menyulitkan.

Tapi keberuntungan dirasakan oleh warga Kampung Cilimushideung yang berada di perbatasan Desa Mekarsari dan Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu.

Warga di sana sudah bisa menikmati fasilitas internet murah sejak satu minggu belakangan setelah sang ‘pahlawan’ membangun jaringan kabel fiber optik.

Pahlawan yang dimaksud ialah Budi Hermawan (44), pendiri Badan Usaha Milik Kampung (Bumka) Tekno Sains.

Pria yang telah malang melintang bekerja di berbagai perusahaan Informasi Teknologi dan jaringan ini telah membangun kabel fiber optik sepanjang 5 kilometer, dengan jumlah pemakai 257 kepala keluarga.

“Impian saya sejak lima tahun lalu, sekarang bisa terwujud, saat ini dalam satu minggu sudah 5 kilometer jaringan kabel fiber optik yang terpasang dari target 15 kilometer,” ucapnya.

“Pembelian paketnya ke Buka, nanti tinggal beli paketnya ke pengurus RT atau RW atau pengurus Bumka langsung,” Budi menjelaskan.

Adapun uang yang harus dikeluarkan oleh warga yakni Rp 33.000 per bulan.

Saat ini, Budi berharap pemerintah bisa membantu memfasilitasi pengurusan izin Internet Service Provider (ISP) demi tersedianya internet murah secara luas bagi masyarakat lainnya, terutama para pelajar yang saat ini sekolah secara online.

“Kami cuma minta bantuan kebijakan saja dari pemerintag, kalau infrastruktur dan lainnya, kami sudah bangun sendiri,” tuturnya.

More From: Berita Menarik