Viral! Jenazah Dikubur Masih Pakai Daster, Lurah Sebut Almarhum Riwayat Sakit Jantung


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Heboh! Jenazah pasien suspek Covid-19 dikubur dalam keadaan masih mengenakan baju daster.

Ini jelas mengejutkan dan bila berkacamata dari pandangan Islam, jenazah muslim hukumnya fardhu kifayah, wajib dimandikan, dikafani, dishalatkan, hingga dikuburkan.

Namun dengan foto yang beredar, muncul spekulasi bahwa jenazah tersebut tidak melewati proses pemandian.

Padahal, pasien-pasien positif Corona sebelumnya tetap dimandikan bahkan juga dishalatkan oleh petugas medis.

Hal inilah yang mengundang kehebohan di jagat media sosial.

Terlebih mengenai status almarhumah yang belum pasti positif Covid-19, sebagaimana diungkapkan oleh Harry Agus Perdana, Lurah Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Medan.

“Tapi (memang) itu belum dipastikan Covid-19 atau tidak. Informasi yang kami terima dari rumah sakit, warga kita yang meninggal hasil rapid-nya reaktif,” ungkapnya, dilansir TribunMedan.com.

Lebih lanjut, Harry menerangkan bahwa almarhumah sebelumnya dirawat di RS Sembiring pada Kamis (23/7/2020), karena riwayat penyakit jantung, dan kemudian meninggal dunia keesokan harinya.

Karena hasil rapid test reaktif, pihak rumah sakit lantas mengarahkan keluarga agar pemakaman dilakukan sesuai protokol pemulasaran jenazah Covid-19. Hal ini sempat ditolak pihak keluarga, namun akhirnya menyetujui.

“Tapi informasi yang saya terima dari keluarga bahwa petinya tidak muat, lalu oleh pihak keluarga petinya dibongkar, sehingga nampak lah jenazah yang masih berdaster itu,” terangnya.

Di sinilah, pihak keluarga kembali protes dan menolak untuk kedua kalinya, karena beranggapan jika jenazah belum dimandikan (tidak sesuai fardhu kifayah Agama Islam).

Meski demikian, pemakaman tetap dilakukan sesuai protokol Covid-19.

“Pemakaman tetap dilanjutkan sesuai Covid-19. Karena kalau dikeluarkan dari peti, kan tidak (sesuai) protokol lagi,” lanjut Harry mengakhiri.

More From: Berita Menarik