Viral Foto Jenazah Dikuburkan Masih Pakai Daster, RS Klaim Sesuai Prosedur Covid-19


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Dianggap tak sesuai fardhu kifayah Agama Islam, potret jenazah perempuan pasien suspek Covid-19 di Medan Johor yang masih mengenakan baju daster langsung viral di media sosial.

Foto itu dengan cepat menuai respon dari khalayak warganet.

Bagaimana tidak, seperti yang terlihat dalam foto di atas, jenazah almarhumah mengenakan baju saat hendak dikuburkan. Sehingga muncul anggapan bahwa jenazah tak dimandikan.

Namun kabar ini ditepis langsung oleh Sentosa Barus selaku Humas RS Sembiring, tempat dimana almarhumah dirawat sebelumnya.

Menurutnya, pihak rumah sakit sudah memproses jenazah sesuai tuntunan Islam dan juga sesuai protokol Covid-19.

“Sebelum meninggal dilakukan pemeriksaan (rapid test). Namun, jenazah kita lakukan sesuai dengan prosedur dan syariat Islam, ditutup rapat dan dipakaikan peti,” tegasnya.

Almarhumah sendiri meninggal dengan riwayat penyakit jantung. Saat dirawat di RS Sembiring pada Kamis (23/7/2020), almarhumah menjalani rapid test dan hasilnya reaktif, sehingga disarankan untuk dimakamkan sesuai protokol pemulasaran jenzah Covid-19, meski hasil tes swab-nya belum keluar.

Langkah ini diambil guna menghindari penularan serta penyebaran virus Covid-19.

Karenanya, pihak rumah sakit memfalitasi dengan tenaga medis untuk pemakaman.

“Kita juga menjaga, bukan apa, karena di pemakaman umum, takutnya warga keberatan. Makanya kami memfalitasi tenaga medis dilengkapi APD untuk melakukan proses pemakaman,” Barus menjelaskan, melansir TribunMedan.com.

More From: Berita Menarik