Janda 70 Tahun Super Miskin ini Hidup Sebatang Kara di Lahan Kosong Milik Warga Sekitar


via: jateng.suara.com

Palingseru.com – Berbicara soal kemiskinan di Indonesia memang tidak ada pernah ada habisnya, mengingat Indonesia menempati peringkat sembilan dalam daftar negara dengan jumlah orang miskin terbesar di dunia.

Dan, Poniyem, janda 70 tahun termasuk dalam salah satu daftar tersebut. Dia merupakan warga miskin yang tinggal di sebuah rumah kecil di Dusun Slamet RT 02 RW 08 Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, yang merupakan hasil dari gotong royong warga sekitar karena kasihan.

Ya, tanah tempat berdirinya rumah sederhana Poniyem merupakan milik orang lain, tepatnya milik ibu Kumi’ati, salah satu warga Dusun Slamet yang berhati mulia memberikannya tumpangan.

Yang tak kalah memilukan, Poniyem hidup sebatang kara setelah suami dan anak semata wayangnya meninggal dunia beberapa tahun lalu.

Hal inilah yang semakin memperburuk kondisi perekonomian Poniyem. Tidak ada tempat baginya untuk bertumpu atau bersandar. Semua kebutuhan hidupnya bergantung pada dirinya sendiri.

Sedangkan usianya sudah tidak produktif lagi, tidak memungkinkannya untuk bekerja berat.

“Saya sekarang sudah tidak bisa jualan lagi, tidak bisa kerja lagi. Ya sudah tidak kuat, kalau dulu masih bisa ke pasar,” tuturnya, dilansir jateng.suara.com.

Sebelumnya, Poniyem masih dapat mengandalkan penghasilan dari bekerja serabutan.

“Ya pekerjaan saya ya seperti tidak tetap. Kadang kuli ketika panen padi kadang juga jual daun singkong dan genjer,” terangnya.

Tapi kini pekerjaan itu dirasa sudah tak bisa lagi ia lakoni. Bahkan untuk berjalan, Poniyem sudah merasa kesulitan.

More From: Berita Menarik