Bidan Takut Tertular Corona, Wanita Ini Terpaksa Melahirkan di Kamar Mandi


Ilustrasi Melahirkan

Palingseru.com – Penyebaran dan penularan yang terjadi sangat cepat hingga berdampak fatal, berujung kematian, jelas saja membuat siapa pun takut mendekati atau melakukan kontak fisik dengan orang berstatus positif Covid-19.

Tapi bukan berarti hal tersebut juga menghilangkan sisi manusiawi kita. Mengabaikan mereka yang membutuhkan pertolongan hingga akhirnya berujung pilu, seperti kisah wanita hamil di Desa Sumbergondo, Kota Batu, Jawa Timur.

Fitria Rohmatika (26), terpaksa melahirkan seorang diri di dalam kamar mandi setelah ditolak beberapa kali oleh rumah sakit dan bidan praktek.

Penolakan itu karena di buku catatan kesehatan ibu hamil miliknya terdapat keterangan bahwa Fitria positif Covid-19, meski kenyataannya bahwa itu adalah kekeliruan atau kesalahan saat melakukan tes cepat di RS Pandan atau UPT Puskesmas Bumiaji, seperti dilansir today.line.me.

Fitria yang terus mengalami penolakan pun akhirnya memutuskan untuk mendatangi rumah sakit tujuan berikutnya. Namun belum sempat menginjakkan kaki ke rumah sakit itu, Fitria keburu melahirkan.

“Kami berencana ke rumah sakit besar Islam, tapi ketika suami saya sedang dalam perjalanan ambil mobil, saya berada di kamar mandi untuk ganti baju, saya jongkok dan melahirkan,” ujarnya.

“Tetangga saya memanggil dukun bayi yang kemudian menangani saya. Itu tanggal 7 Juli 2020. Ya saya kecewa sampai segitunya lahir di kamar mandi. Untung saja bayi tidak terbentur karena langsung ditangkap ibu, kalau tidak ada orang entah bayi itu bisa selamat atau tidak,” keluh Fitria.

More From: Berita Menarik