Miris! Jadi Korban Pemburu Liar, Lutung Jawa Ditemukan Tinggal Kulit dan Kepala


Palingseru.com – Hingga saat ini, kasus perburuan liar di Indonesia masih marak. Sifat egois dari manusia tak berhati ini menjadi penyebab langka dan punahnya satwa dilindungi. Bahkan baru-baru ini kembali terjadi perburuan liar terhadap Lutung Jawa.

Satwa bernama latin trachypithecus auratus ini dibunuh secara keji oleh oknum tak bertanggungjawab.

Melalui unggahan foto ProFauna Indonesia di laman Facebook resmi, terlihat Lutung Jawa itu tinggal kulit serta kepalanya.

Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mengaku sudah memiliki kecurigaan atas kasus ini.

via: newsdetik.com

“Karena beberapa waktu sebelunya, kami mencurigai adanya perburuan lutung di kawasan tersebut (hutan lindung di atas Dusun Perinci, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Hingga kemudian dilakukan patroli secara massif oleh Ranger ProFauna dan kemudian menemukan Lutung Jawa dalam kondisi tergantung di batang pohon dengan hanya tinggal kulit dan kepalanya saja,” imbuhnya, dilansir newsdetik.com.

Kasus ini sendiri sudah diadukan ke pihak yang berwenang.

“Kami sudah melaporkan temuan ini kepada BKSDA, bagian penegakkan hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Perhutani, karena hutan adalah milik Perhutani,” tuturnya.

Dengan tindakan pelaporan ini, Rosek berharap pihak di atas beserta pihak kepolisian dapat menemukan pelaku agar kasus perburuan satwa liar di Indonesia tidak terulang.

“Perbuatan keji ini jelas melanggar hukum dan pelakunya harus ditindaks sesuai dengan hukum ada. Tidak bisa dibiarkan terus menerus pembunuhan satwa liar seperti ini lagi,” kata Rosek.

More From: Berita Menarik