Bocah ini Gigih Berjualan Es Keliling Setiap Hari Demi Bisa Beli Kuota Internet Untuk Belajar Online


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Tak ada pilihan lain bagi Jafar Sidik (11), untuk bisa membeli kuota internet selain dengan cara berjualan es buah keliling.

Sebab ‘tempat’ bertumpunya dalam meminta uang kuota internet, yakni orangtuanya, juga dalam kondisi sulit. Terlebih setelah masa pandemi Covid-19 ini.

Karena itu, dia rela mengorbankan waktunya dan mengesampingkan rasa malunya untuk membantu orangtua dan membeli kuota internet buat belajar online di rumah, yang kini sedang diterapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Memulai dari rumahnya di lembur Tengah RT 3 RW 17 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jafar berjalan menyisiri gang demi gang seraya berteriak “es buah”.

Demi keamanan dan sesuai imbauan pemerintah, bocah yang duduk di bangku kelas VI SDN Panyingkiran 2 ini memakai masker selama berjualan.

Saat berjualan, dilansir TribunJabar.com, Jafar hanya menjajakan es buah sebanyak 10 cup yang disimpan dalam plastik kemasan dan dibawa menggunakan wadah terbuka.

“Uangnya dikumpulin di Mamah, agar ada modal lagi buat usaha, bayar token listrik dan bayar kontrakan,” ucap Jafar.

Uang hasil penjualan es itu juga akan digunakannya untuk membeli kuota internet.

“Beli kuota paling banyak mampu membeli setengah giga untuk belajar online,” tuturnya.

More From: Berita Menarik