75 Tahun Indonesia Merdeka, Mahfud MD Sebut Orang Miskin Semakin Sedikit


via: kompas.com

Palingseru.com – 75 tahun sudah Indonesia merdeka, sejak dinyatakan bebas dari penjajahan. Tentu ini waktu yang sedikit jika dibandingkan dengan rentang waktu Belanda menguasai Indonesia dulu, yakni hingga 3,5 abad lamanya.

Meski demikian, dalam rentang waktu ini, Indonesia sudah menunjukkan kemerdekaannya melalui sejumlah perubahan luar biasa dari dalam negeri.

Bahkan di HUT RI ke-75 ini pemerintah telah berhasil mengatasi sebuah permasalahan serius di tanah air, meski belum sepenuhnya terselesaikan.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

“Sekarang berapa orang miskin di Indonesia. Tinggal 12 persen pada akhir pemerintahan Pak SBY. Pada awal pemerintahan Pak Jokowi yang kedua sudah 9,1 persen,” ungkapnya.

“Terus membaik. Kita kurangi terus. Itu satu capaian yang harus kita syukuri,” lanjutnya.

Dalam persoalan ini, Mahfud menyebut, adanya oknum yang ingin menguasai sumber daya alam Indonesia, yang menyebabkan kasus kemiskinan di Indonesia belum bisa dituntaskan.

“Yang menyebabkan banyak orang miskin, banyak orang menderita itu karena masih ada sebagian dari kita ini yang serakah, ingin menguasai sendiri, mengkolusikan kekayaan alam dengan orang lain dan sebagainya,” tuturnya.

Karenanya, dia berharap ke depannya kekayaan alam dapat dikelola sehingga mencapai kemakmuran bersama, sebagaimana mewujudkan cita-cita pendiri bangsa dalam Pembukaan UUD 1945.

“Merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Kalau keadilan kita bangun secara baik-baik, kemakmuran tidak bisa dicapai,” kata Mahfud, melansir Kompas.com.

More From: Berita Menarik