Ini Sosok Anak Berpakaian Adat Tidung di Uang Rp75 Ribu yang Sempat Dituding Berpakaian China


Foto pemotretan anak berpakaian adat Tidung (Foto: instagram/ Facebook mb.hepiniawan)
Foto pemotretan anak berpakaian adat Tidung (Foto: instagram/ Facebook mb.hepiniawan)

Dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75, Bank Indonesia mengeluarkan uang khusus pecahan Rp75 Ribu. Desain uang rupiah edisi khusus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia menjadi sorotan.

Selain desain tiga angka nol yang dicetak lebih kecil, ada gambar sejumlah anak-anak yang menggunakan 9 baju daerah tak luput jadi trending.

Namun kabar tak sedap beredar saat peluncuran uang pecahan Rp75 ribu tersebut. Di sosial media beredar postingan soal desain mata uang Rupiah yang baru. Postingan itu banyak disebarkan.

Dalam sejumlah postingan yang viral pada Senin, (17/8/2020), disebutkan gambar mata uang Rupiah yang baru dengan narasi: “Ada yg bisa menjelaskan…sejak kapan ya…suku adat China jadi bagian di indonesia”

Seorang netizen di Facebook dengan akun Mb Hepiniawan juga mengungkap siapa sosok anak yang mengenakan pakaian adat tidung tersebut.

Ia menyebut bahwa anak tersebut adalah keponakannya dan dia mengetahui tahun pemotretan gambar yang digunkan di uang Rp 75 ribu tersebut.

“Ini keponakan ku, yg ribut dikatakan mirip china di mata uang baru 75.000, bapak ibu nya asli melayu pontianak, pakai baju adat kalimantan utara.. Ini foto saat sesi pemotretan,” tulisnya.

Mengklarifikasi kabar tak sedap yang beredar tersebut, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menegaskan bahwa anak yang di gambar paling tengah dalam pecahan Rp 75.000 memakai baju adat Suku Tidung, Kalimantan Utara.

Marlison menyebut, Suku Tidung merupakan asli Indonesia. Dengan digambarnya baju adat Suku Tidung seharusnya membuat masyarakat lebih mengenal keanekaragaman budaya.

Pada bagian muka terdapat gambar pasangan proklamator kemerdekaan Indonesia yakni Soekarno-Hatta. Penggunaan gambar mereka, sudah mendapat izin dari para ahli warisnya.

Sedangkan pada bagian belakang, ditampilkan ragam budaya, lalu tarian, daerah wisata, dan daerah lainnya. Hal ini untuk mempertegas kebhinnekaan sebagai aset bangsa.

Pakaian yang dikenakan, mirip baju tradisional China yakni Cheongsam. Spekulasi pun sempat viral di media sosial, bahwa model yang ditampilkan adalah sosok anak China. Tapi hal tersebut tegas dibantah Bank Indonesia. Sumber: merdeka

More From: Berita Menarik