Bantu Ekonomi Warga, Pak Polisi Di Sukabumi Ini Beri Contoh Beternak Bebek, Sebagian Pendapatannya Untuk Masyarakat Yang Kurang Mampu


via: newsdetik.com

Palingseru.com – Perkenalkan, Bripka Ricky Ardiansyah, sosok personil Polri yang tidak hanya mengayomi masyarakat di dunia pekerjaannya, namun juga di lingkup kehidupan sekitarnya.

Ya, terlepas dari jabatannya sebagai anggota Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sukabumi Kota yang bertugas di Polsek Citamiang, Bripka Ricky melanjutkan tugasnya sebagai peternak bebek di belakang halaman rumahnya di Kampung Kumanaeuh, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi.

Usaha ternak yang baru pak polisi ini jalankan selama 4 tahun terakhir ini telah memberikan manfaat luar biasa, terutama bagi warga Kampung Kumanaeuh.

“Alhamdulilah, masyarakat sekitar bisa belajar saya beri edukasi mulai dari penetasan yang baik, kemudian bagaimana membuat telor asin. Para petani juga bisa memanfaatkan dan menjual keong hama yang bertebaran di sawahnya untuk disulap menjadi pakan bebek karena proteinnya tinggi,” kata Ricky, dilansir newsdetik.com.

Sedangkan dari usaha ternak bebek ini, Bripka Ricky bisa mendapat sebanyak 350 sampai 400 butir telor yang sebagian langsung dijual dan lainnya ia buat telor asin.

“Dalam sehari, penghasilan rata-rata Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu. Total bebek di kandang sebelumnya sampai 1.500 ekor, karena masuk masa apkir tersisa sebanyak 500 ekor yang apkir kita jual ke pedagang daging bebek,” terangnya.

Dari penghasilan itulah, Bripka Ricky melanjutkan tugas kemanusiaannya, dengan menyisihkannya dan memberikannya kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu.

“Intinya kami berbagi juga dengan lingkungan sekitar, membantu mereka meningkatkan perekonomiannya melalui ilmu yang saya dapat atau ada rejeki lebih saya sisihkan untuk warga yang kurang mampu. Karena saya bisa berwirausaha seperti sekarang juga berkat doa-doa dari warga yang kami bantu,” tuturnya.

Usaha ternaknya ini bahkan juga mendapat dukungan dari pimpinannya, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni.

Kapolres bahkan mengaku merasa sangat bangga dengan apa yang dilakukan anggotanya, karena dirinya bisa memberi manfaat bagi orang lain, sebagaimana tertuang dalam Hadist Riwayat Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni, yakni “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

“Sangat kreatif dan tentunya kabar baik untuk jajaran Polres Sukabumi Kota. Dengan kegiatannya itu dia bisa membangun ekonomi kreatif masyarakat, banyak masyarakat yan juga belajar soal beternak bebek.”

“Semoga Bripka Ricky bisa menjadi contoh bagi anggota Polri lainnya, yaitu bermanfaat untuk masyarakat,” tutur Kapolres.

More From: Berita Menarik