Dokter ini Dapat Penghargaan Dari Muri Karena Tak Pernah Pungut Biaya Berobat


via: kompas.com

Palingseru.com – Mengingat waktu dan biaya kuliah yang dihabiskan untuk mendapatkan gelar dokter, tidak salah memang bila seorang dokter menetapkan harga tinggi pada setiap pelayanannya. Namun tidak halnya bagi dr Lo Siauw Ging.

Dokter berusia 86 tahun ini tidak pernah mengambil kesempatan atas itu semua. Malah, dia membebaskan secara penuh biaya pengobatan bagi pasien kurang mampu.

Ya, selama terjun di dunia kedokteran, dr Lo tidak pernah sama sekali memungut bayaran dari pasien kurang mampu. Dan sosoknya lah yang paling diharapkan dan dibutuhkan di dunia.

Atas jasanya itulah, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberinya penghargaan Mahakarya Kebudayaan “Dokter yang Mengutamakan Kemanusiaan dengan Tidak Memungut Biaya Pelayanan Kesehatan dari Kaum Miskin” pada Kamis (10/9/2020).

Piagam penghargaan diserahkan Ketua Umum MURI Jaya Suprana melalui perwakilan MURI Solo, Mayor Haristanto kepada dr Lo dengan disaksikan istri dan perwakilan dari RS Kasih Ibu, Haryani, melansir Kompas.com.

“Dr Lo adalah dokter yang mengutamakan pembiayaan kesehatan pada orang miskin,” kata Jaya Suprana.

Dr Lo yang bahagia mendapatkan apresiasi penghargaan dari MURI lantas mengucapkan rasa terimakasihnya.

“Terima kasih sekali atas perhatian untuk kami sendiri. Apa yang saya lakukan itu bisa dilakukan semua dokter,” ucapnya.

Dia menilai, pelayanan kesehatan yang dilakukan dirinya bisa dilakukan oleh semua dokter. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Dengan kata lain, dokter tidak memberatkan beban para pasien, terlebih yang hidup dalam keterbatasan.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Untuk teman dokter, terutama yang masih muda bagaimanapun di Indonesia jadi dokter tidak akan kelaparan. Jadi kalau berbuat sosial tidak ada salahnya,” pesannya.

More From: Berita Menarik