Curhatan Pria ini Viral, Dirinya Merasa Heran Didenda Rp 100 Ribu Karena Tak Pakai Masker Padahal Hanya Sendirian di Dalam Mobil


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Razia demi razia terus digelar pemerintah bersama petugas gabungan TNI, Polri dan Satpol PP di masa pandemi ini. Sesuai peraturan yang berlaku, petugas langsung menindak tegas warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan, yaitu tidak mengenakan masker.

Baik pejalan kaki, pengendara motor maupun pengendara mobil, semuanya masuk dalam sasaran target operasi.

Namun baru-baru ini mencuat video protes dari seorang pengendara mobil yang sempat ditilang petugas. Dia dikenakan sanksi denda sebesar Rp 100 ribu karena tak mengenakan masker selama berkendara.

Tapi dalam video unggahannya, si pengendara mobil merasa tak berbuat salah. Menurutnya, dirinya saat itu hanya seorang diri sehingga tak memungkinkan adanya penyebaran virus. Pun demikian saat merokok.

Saya hari ini dapet denda 100 ribu katanya tidak pakai masker. Jadi saya sendiri di mobil, memang tidak pakai masker, tapi masker ada, apabila keluar mobil baru pakai masker.

Walaupun sendiri menyetir, tetap kena denda, tetap kena sanksi, ini buktinya.

Anehnya peraturan ini, kata petugas, apabila merokok di tempat umum itu boleh saja asal jaga jarak, sedangkan saya sendiri di dalam mobil tidak ada orang lain kaca tertutup dan ber-AC, membahayakan orang lain katanya.

Mohon ini disampaikan ke Ibnu Sina, Wali Kota (Banjarmasin), betul nggak aturan ini, atau dikoreksi lagi,” protes dia.

Dengan cepat video itu menjadi viral, dan bahkan telah sampai ke tangan Dinas Kesehatan Banjarmasin.

Melalui Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi, menginformasi bahwa apa yang dilakukan petugas di lapangan saat itu benar.

“Secara normatif petugas di lapangan sudah benar karena hal itu tertuang di dalam Pasal 6 Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 68 Tahun 2020,” tegasnya.

“Aturannya tidak hanya di Banjarmasin saja, namun juga di seluruh kabupaten/kota di Indonesia juga pengaturannya sama, klausulnya berbunyi setiap orang yang keluar dari rumah harus menggunakan masker,” ungkapnya lebih lanjut, dilansir Tribunnews.com.


Like it? Share with your friends!