Lakukan Operasi Yustisi, Polisi di Kebumen Malah Beri Uang Rp100 Ribu ke Warga yang Pakai Masker di Tempat Umum


Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memberikan hadiah uang kepada pengendara yang patuh menggunakan masker saat operasi yustisi di sekitar Alun-alun Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (30/9/2020).(KOMPAS.COM/DOK POLRES KEBUMEN)

Palingseru.com – Masa Pandemi Covid 19 ini menggunakan masker merupakan kewajiban dan jika kedapatan tidak menggunakan masker di tempat umum siap siap untuk dihukum baik berupa denda maupun hukuman sosial lainnya.

Kepolisian Polres Kebumen melakukan razia atau operasi yustisi penerapan protokol Covid-19 di kawasan Alun-alun Kebumen, Rabu (30/9/2020). 

Ada yang unik pada operasi razia polres kebumen kali ini, biasanya ketika razia kita akan di denda atau mendapatkan hukuman namun kali ini malah yang terkena razia diberi Hadiah oleh polisi .

Benar diberi hadiah  tapi bagi mereka yang taat menggunakan masker di tempat umum diberi hadiah sayur, wedang jahe, kembang tahu, hingga uang tunai.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk reward kepada warga yang telah patuh terhadap protokol kesehatan.

Ibu-ibu yang taat memakai masker diberi hadiah berupa sayur mayur.

Sementara bagi bapak-bapak, polisi memberi hadiah berupa wedang jahe dan kembang tahu.

Nah bagi mereka yang ketahuan ternyata dompetnya kosong langsung diberi uang tunai oleh polisi mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 Ribu.

Rohmadi salah satu warga yang terjaring razia namun karena ia mengenakan masker ia tidak dihukum, namun karena dompetnya kosong yang ada hanya sim dan surat kendaran bermotor dirinya langsung diberi uang oleh polisi.

“Alhamdulillah, saya pas nggak bawa uang. Dompet kosong, cuma ada surat-surat, ternyata dikasih uang sama Pak Kapolres,” ucap Rohmadi.

Kapolres berharap dengan apa yang dilakukan oleh jajarannya ini membuat banyak masyarakat taat menggunakan masker di tempat umum.

“Semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi rangsangan positif kepada warga untuk selalu mengenakan masker,” kata Rudy dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

More From: Berita Menarik