Tak Hanya Pulau Jawa Aja, Ini 14 Daftar Wilayah di Indonesia Terancam Gempa Bumi dan Tsunami


Daerah Potensi Tsunami di Indonesia. /BMKG (foto dari Tim Lingkar Kediri 03)

PalingSeru – Masyarakat Pulau Jawa akhir-akhir ini digemparkan mengenai riset yang mengungkap potemsi gempa disertai tsunami akan terjadi di selatan Pulau Jawa. Riset itu dilakukan dilakukan oleh para pakar Institut Teknologi Bandung (ITB) juga melibatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hasil riset itu mengatakan potensi gempa bumi di selatan pulau jawa dengan kekuatan magnitudo 9,1 dan dapat menyebabkan gelombang tsunami mencapai ketinggian hingga 20 meter di pantai selatan Jawa Barat, dan 12 meter di pantai selatan Jawa Timur, sedangkan tinggi rata-rata di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa adalah 4,5 meter.

Mendengar kabar itu, akhirnya langsung membuat masyarakat Pulau Jawa panik, khususnya mereka yang berada di bagian selatan. Beberapa tokoh terkemuka dan BBMK sendiri menghimbau agar masyarakat tidak terlalu panik, namun tetap waspada. Potensi gempa disertai tsunami dapat terjadi akibat pecahnya segmen-segmen megathurst jalur sepi gempa (seismic gap) di Samudera Indonesia secara bersamaan

“Tinggi tsunami dapat mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur,” kata Guru Besar bidang Seismologi di Institut Teknologi Bandung (ITB) Sri Widiyantoro.

Hasil yang didapatkan dari pemodelan tsunami itu adalah Tsunami yang sangat besar berpotensi terjadi, mencapai 20,2 meter didekat pulau-pulau kecil selatan banten dan 11,7 meter di selatan Jawa Timur.

“Tinggi tsunami bisa lebih tinggi dari pada yang dimodelkan jika terjadi longsoran di dasar laut, seperti yang terjadi saat Gempa Palu dengan magnitudo 7,5 pada 2018,” bunyi hasil riset itu.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan wilayah geografis Indonesia memang memiliki banyak titik pertemuan lempeng, hal itu menyebabkan potensi gempa tsunami bisa saja terjadi dibeberapa wilayah.


Like it? Share with your friends!