Mulai Hari ini Akun BPJS Kesehatan Akan Dibekukan Jika Tidak Memiliki NIK


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Update terbaru! Pemerintah akan menonaktifkan sementara akun peserta BPJS Kesehatan pada segmen peserta non penerima bantuan iuran jaminan kesehatan (PBI JK), apabila tidak dilengkapi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Peraturan ini sudah mulai diterapkan sejak 1 November 2020 kemarin. Adapun hal ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi KPK, hasil audit BPKP tahun buku 2018, dan hasil rapat bersama kementrian/lembaga pemerintah, melansir Tribunnews.com.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’aruf menerangkan, untuk memastikan akun peserta BPJS Kesehatan belum dilengkapi dengan NIK dapat dicek melalui aplikasi Mobile JKN, atau di aplikasi JAGA KPK, serta BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, petugas BPJS SATU! yang ada di rumah sakit.

Dari pengecekan kepesertaan tersebut, nantinya akan muncul registrasi ulang, yang merupakan pertanda bahwa akun kamu belum terisi NIK.

“Selanjutnya, mereka dapat melakukan pembaruan data NIK dengan cara menghubungi kantor cabang melalui layanan administrasi dengan WA (Pandawa) menu pengaktifan kembali kartu, petugas BPJS SATU! Di RS maupun BPJS Kesehatan Care Canter 1500 400 dengan hanya menyiapkan foto KTP/KK dan kartu peserta (KIS),” terang Iqbal, dilansir Tribunnews.com.

“Jika sudah melaporkan pembaruan data, maka status kepesertaannya akan diaktifkan kembali dalam waktu maksimal 1×24 jam,” Iqbal menambahkan.


Like it? Share with your friends!