Joe Biden Mungkin Lebih Bahaya Bagi Indonesia Dibanding Trump yang Jadi Presiden AS


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Berakhir sudah perdebatan dan persaingan sengit Donald Trump dan Joe Biden di Pilpres Amerika Serikat 2020.

Ajang pemilu presiden AS itu telah sampai pada titik akhir, dimana menemukan pemenangnya yang tak lain adalah calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Joe Biden berhasil mengalahkan Donal Trump dengan mendapatkan 273 electoral votes.

Atas kemenangannya itu, Joe Biden lantas menduduki posisi Presiden AS ke-46.

Tergesernya posisi Donald Trump oleh Joe Biden mungkin menjadi kabar baik bagi masyarakat Amerika Serikat, tapi ternyata tidak untuk negara-negara yang bekerja sama dengan AS, termasuk diantaranya Indonesia.

Kemenangan Joe Biden bisa menjadi ‘ancaman’ bagi Indonesia. Pasalnya, Joe Biden bersama Partai Demokrat-nya mendukung penuh hak-hak kemerdekan dan menolak keras adanya pelanggaran Hak Asasi Manusia sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada salah satu wilayah yang sedang memanas di Indonesia saat ini.

“Kan mungkin kalau Biden yang akhirnya terpilih nanti, ya Indonesia harus waspada dengan Papua, karena Demokrat ini kan lebih mementingkan hak-hak asasi manusia, kemudian lebih mementingkan hak-hak kemerdekaan. Sehingga mungkin Indonesia lebih harus berjuang bagaimana memprotek Papua,” kata mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengingatkan.

Beda halnya bila Donald Trump yang memenangkan Pilpres tersebut. Indonesia akan terus mendapatkan keuntungan, terutama dalam aspek ekonomi.

Sebab Donald Trump anti-China, sehingga perusahaan dari China yang ingin mengembangkan sayapnya di Negeri Paman Sam itu mendapat kesulitan dan akhirnya menyasar ke Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka.

“Jadi kalau Trump yang menang karena akan bermusuhan terus dengan Tiongkok, mungkin beberapa perusahaan Tiongkok akan lari ke Indonesia salah satunya. Kalau tidak kalah dengan Vietnam dan Kamboja,” tutur Dahlan Iskan. Demikian mengutip tribunstyle.com.


Like it? Share with your friends!