Presiden Jokowi Siap Jadi Orang Pertama yang disuntik Vaksin Covid 19


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Uji klinis vaksin Covid-19 kini masih terus dilakukan. Hal ini memang membutuhkan waktu lama, karena pemerintah ingin memastikan aspek keamanannya (penggunaan).

Prof Dr Kusnadi Rusmil Sp AK MM, selaku Ketua Tim Peneliti Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) mengatakan, bahwa preklinik dan uji klinik telah dilakukan pada tumbuh-tumbuhan serta hewan tikus dan monyet.

“Bila aman maka dilanjutkan pada manusia. Pada manusia ada empat tahap untuk melihat keamanan, imunogenisitas dan efikasinya,” kata dia.

Selain memprioritaskan keamanan, tim peneliti juga akan melakukan pemantauan terhadap efek samping pemberian vaksin Covid-19.

Karenanya, pemberian vaksin Covid-19 kini belum bisa terealisasikan.

Meski demikian, dalam wawancara khusus bersama jurnalis Rosianna Silalahi bertajuk Jokowi Dikepung Kritik di Kompas TV, Senin (16/11) malam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

“Ya kalau saya, nanti diputuskan bahwa (yang) pertama disuntik Presiden, ya saya siap,” tuturnya.

Namun dia tak ingin jika hal tersebut nantinya menuai polemik, atas munculnya spekulasi masyarakat terkait penyuntikan pertama.

“Terserah tim. Kalau tim sampaikan Presiden yang pertama yang disuntik ya saya siap. Tapi jangan sampai nanti Presiden yang pertama, lalu ‘Lho kok enak sekali Presiden yang pertama, harusnya rakyat dulu’ jangan seperti itu,” kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi juga memaparkan bahwa tidak semua kalangan mendapatkan suntik vaksin Covid-19.

“Kita sudah punya list, siapa-siapa yang disuntik dan di lokasi mana. Nanti pekan depan Insya Allah kita sudah mulai simulasi. Pekan depan ya,” ucap Jokowi.

Adapun kelompok-kelompok masyarakat yang masuk dalam list, yang akan diprioritaskan, yakni para tenaga kesehatan (dokter dan perawat), anggota TNI-Polri, serta masyarakat yang melakukan pelayanan pada masyarakat seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), mengutip Tribunnews.com.


Like it? Share with your friends!