Pria ini Pilih Lakukan Wisuda Online di Makam Ayahnya


via: newsdetik.com

Palingseru.com – Pandemi yang tak berkesudahan memaksakan berbagai aktivitas kini dilakukan secara daring atau online. Termasuk, kegiatan wisuda.

Sesuai protokoler kesehatan yang diterapkan pemerintah, yang melarang adanya kerumunan massa demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, acara puncak kejayaan bagi mahasiswa ini hanya dilakukan secara virtual.

Namun ada kisah tak biasa dari salah satu wisudawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Ketika mengikuti wisuda online, Mochamad Nadif Nasrulloh (23) malah melakukannya di depan makam sang ayah, Ali Maksum, yang meninggal setahun lalu.

Ternyata, ada alasan khusus dibalik keputusan tak biasanya itu.

“Ini adalah bentuk amanah dari bapak, karena sebelum meninggal dunia, bapak pernah berpesan agar saya segera menyelesaikan kuliah dan ingin melihat anaknya wisuda. Jadi sekarang karena bapak sudah tidak ada, dan kebetulan wisuda dilakukan secara virtual, makanya saya sengaja mengikuti wisuda di sini (makam bapak),” ungkap Nadif, dilansir newsdetik.com.

Makam ayahnya itu terletak sekitar satu kilometer dari rumahnya di Desa Karangsari, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Ba**arnegara.

Meski sedih karena sang ayah tak bisa menyaksikan kelulusanya, namun Nadif menyimpan rasa bangga tersendiri karena akhirnya berhasil menyelesaikan kuliah, yang menjadi impian ayahnya semasa hidup.

“Bapak saya ini petani. Jadi memang berpesan agar segera menyelesaikan kuliahnya. Karena kalau semakin lama, sudah tidak mampu untuk membiayai kuliah,” kata anak bungsu dari 16 bersaudara tersebut.


Like it? Share with your friends!