Ratusan Ribu Orang Hadiri Proses Pemakaman Habib Hasan Assegaf di Masjid Jami Al-Anwar Kota Pasuruan


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Hari Minggu, 27 Desember 2020 lalu menjadi hari berkabung bagi warga muslim di Kota Pasuruan.

Di hari tersebut, mereka kehilangan sesosok pemuka agama yang dikenal sangat rendah hati, yakni Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf atau Habib Hasan Assegaf.

Warga lantas beramai-ramai ikut mengantar almarhum di tempat peristirahatan terakhirnya di kompleks Masjid Jami’ Al Anawa Kota Pasuruan, Jawa Timur.

“Dimakamkan di Masjid Jami’ karena beliau juga imam Shalat Rowatib yang juga imam Shalat Isya ketika Ramadhan di Masjid Jami’. Jadi beliau memang orang yang rutinitasnya juga banyak di Masjid Jami’. Dan makamnya berdampingan dengan ibunda beliau,” demikian jelas Habib Abu Bakar Assegaf, salah satu putra almarhum, dikutip dari TribunJogja.com.

Sebagai putra dari mendiang Habib Hasan, Habib Abu Bakar jelas merasa terharu dan tak menyangka dengan antusias warga Kota Pasuruan dalam mengantar kepergian sang ayah pada Minggu (27/12) sore.

“Panjenengan (kamu) bisa melihat kemarin, Masjid Jami’ itu penuh ya. Mulai lantai 1 sampai lantai 2, kemudian sampai ke Alun-Alun ke jalan. Kami tidak menyangka antusiasnya,” tuturnya.

Habib Abu Bakar pun menilai bahwa apa yang ia dan keluarga saksikan pada saat itu merupakan buah kebaikan dari mendiang ayahnya semasa hidup.

“Orangnya sangat rendah hati. Kemudian yang mungkin membuat sekian ratus ribu orang datang menghadiri pemakamannya karena sangat banyak orang yang disenangkan oleh beliau semasa hidupnya,” ucapnya.

“Beliau kalau diundang orang, mulai orang kaya sampai orang miskin tidak pernah mau membedakan. Semua diperlakukan sama. Dihadiri undangannya dan selalu on time ketika diundang orang,” sambungnya.


Like it? Share with your friends!