Jadi Tersangka di Kasus Video 19 Detik, Gisel dan Nobu Tak Ditahan oleh Polisi


via: kompas.com

Palingseru.com – Ditetapkan sebagai tersangka pada 29 Desember 2020, dan menjalani pemeriksaan hingga memakan waktu 10-11 jam, Gisella Anastasia dan Michael Yukinobu Defretes akhirnya diputuskan hanya dikenakan wajib lapor.

Status tersangka yang melekat pada keduanya tidak berlanjut pada penahanan selama 6 bulan atau paling lama 12 tahun penjara, yang sesuai termaktub dalam Pasal 4 Ayat 1 juncto Pasal 29 atau Pasal 8 Undang-Undang Nomor 44 tentang Pornografi.

Ada alasan mendasar kenapa keduanya tak ditahan meski resmi berstatus tersangka. Sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, sebagai berikut;

“Pertimbangannya adalah yang pertama di Pasal 21 ayat 1 (KUHAP) memang bisa dilakukan penahanan bila dia (tersangka) menghilangkan barang bukti, melarikan diri, dan tak kooperatif. Pertimbangan penyidik GA dan MYD kooperatif, disimpulkan tidak dilakukan penahanan,” terang Kombes Yusri Yunus, dikutip dari laman Kompas.com.

Di samping itu, pihak kepolisian juga mengedepankan rasa kemanusiaan terhadap Gisel yang saat ini memiliki tanggungjawab penuh terhadap putrinya berusia 4 tahun, yakni Gempita Nora Marten.

“Untuk saudari GA, berdasarkan kemanusiaan anaknya masih berusia empat tahun lebih, perlu bimbingan orangtua khususnya ibu sehingga tak kami lakukan penahanan, tetapi bagi keduanya kita terapkan wajib lapor,” imbuhnya.

Gisel dan Nobu sendiri dikenakan wajib lapor pada Senin dan Kamis setiap dua pekan.


Like it? Share with your friends!