Dikenal Sebagai Sosok Yang Taat Beragama, Seperti Ini 5 Fakta Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Yang Jatuh di Kepulauan Seribu


via: merdeka.com

Palingseru.com – Tiga hari berlalu, tragedi jatuhnya maskapai penerbangan Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak masih menyisakan duka yang amat mendalam.

Proses pencarian korban dan bangkai pesawat, termasuk black box masih terus dilakukan hingga saat ini oleh tim SAR gabungan, baik dari Polri, TNI, Kementrian Perhubungan, Bakamla, KPLP, KNKT, BMKG, dan seluruh Potensi SAR.

Sedikitnya, selama tiga hari ini sudah ada 74 kantong jenazah yang terkumpul, dan langsung diserahkan ke Disaster victim investigation (DVI) untuk selanjutnya diidentifikasi.

Terlepas dari itu, tragedi kecelakaan pesawat ini juga tak lepas dari kisah pilu Kapten Afwan selaku pilot Sriwijaya Air SJ-182 yang mengangkut penumpang 56 penumpang pada saat peristiwa nahas tersebut.

Banyak bermunculan kesaksian dari orang terdekatnya mengenai sosoknya semasa hidup, yang dirangkum dalam 5 fakta mengenai sosok Kapten Afwan di bawah ini, melansir dari Merdeka.com.

Sosok Religius

Keriligiusan seorang Kapten Afwan sudah sangat terkenal di dunia penerbangan. Semua kru penerbangan mengenalinya sebagai ahli ibadah, yang tak pernah meninggalkan kewajibannya dalam menunaikan shalat 5 waktu, sekalipun saat tengah bertugas.

Sisi luar biasanya ini sebagaimana tergambarkan dalam unggahan terakhirnya di pesan singkat WhatsApp.

“Setinggi apapun aku terbang, tidak akan mencapai surga bila tidak shalat lima waktu.”

via: merdeka.com

Selalu Mengenakan Peci Putih

Sosok religiusnya ini selaras dengan penampilan khasnya yang tak pernah ketinggalan mengenakan peci putih.

“Dermawan banget lagi orangnya dan selalu identik dengan kopyah putihnya. Safeflight to jannah capt Smiling face with halo #SJ182,” tulis rekan Kapten Afwan dengan akun Twitter @rizkianoob.

via: merdeka.com

Sosok Penyabar

“Capt Afwan salah satu capt terbaik yang pernah saya kenal. Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dengan baik dan sabar,” demikian kesaksian lanjutan dari @rizkianoob.

via: merdeka.com

Alumni SMA 38 Jakarta

Fakta ini diungkapkan oleh selebriti tanah air yakni Arie Untung. Melalui akun Instagram pribadinya, Arie Untung menyebut jika Kapten Afwan adalah alumni SMAN 38 Jakarta dan merupakan kakak kelas.

“Pilot #sj182 Capt H Afwan ternyata adalah kakak kelasku di @sman38.jakarta angkatan 85, beda jauh angkatannya belum sempat ketemu tapi banyak kisah2 baik mengenai beliau,” demikian tulisnya.

via: merdeka.com

Penerbang TNI AU

Sebelum bergabung dengan maskapai penerbangan Sriwijaya Air, Kapten Afwan lebih dulu menjadi penerbang TNI AU pada masa periode 1987-1998.

Saat masih menjadi perwira, ayah tiga orang putri ini pernah bertugas di Skadron Udara 4 serta Skadron Udara 31.

via: merdeka.com


Like it? Share with your friends!