Misteri Suara ‘Tolong, Tolong’ Saat Pencarian Korban Sriwijaya Air Terpecahkan, Roy Suryo Ngelus Dada


Via : tribunnews.com

PalingSeru – Suara terkait video viral yang disebut teriakan korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 akhirnya terungkap. Pakar telematika Roy Suryo temukan fakta baru soal dugaan teriakan tolong korban Sriwijaya Air itu. Namun ia menyayangkan video belum dicek kebenarannya itu sudah harus viral terlebih dahulu dan membuat sakit hati keluarga korban Sriwijaya Air SJ 182.

Video itu diunggah oleh akun TikTok @abdulazis171, dimana dalam unggahannya terlihat petugas damkar sedang menyusuri lautan untuk mencari korban Sriwijaya Air SJ 182. Saat menyusuri lautan, tiba-tiba saja terdengar suara teriakan dan tangisan dari bawah laut. Suara jeritan ‘tolong tolong’ yang terekam itu terdengar seperti suara wanita dan anak-anak.

Via : tribunnews.com

Namun pada saat itu keadaannya hanya ada Abdul Aziz dan rekan-rekannya yang ada di damkar itu semuanya laki-laki. Abdul Aziz yang mengunggah video tersebut mengaku mendengar suara teriakan minta tolong di tengah-tengah kerasnya suara deburan ombak. Kemudian, Abdul Aziz menuliskan caption dan menegaskan bahwa jeritan minta tolong itu benar adanya, tanpa adanya editan.

“Detik2 penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas,” tulis Abdul Aziz, dilansir TribunnewsBogor.com dari akun TikTok @abdulaziz171.

Menanggapi video viral yang sudah dibagikan warganet sebanyak 15,9 ribu kali Roy Suryo mencoba memutar ulang video yang viral tersebut dalam berbagai kecepatan. Menurut Roy Suyo, saat video diperlambat suara jeritan ang terekam video tersebut bukan suara manusia. Melainkan itu suara angin yang menimpa mikrofon.

Via : tribunnews.com

“Kemudian saya perlambat speed setengahnya. Teriakan tadi agak berubah seperti desisan, tapi sudah bukan lagi suara manusia. Seperti tekanan pada besi,” papar Roy Suryo.

“Terus ini speed ketiga. Ini akan muncul lagi, bahwa semua suara itu ini suara angin yang menimpa mikrofon,” ucapnya lagi.

Namun, jika dipercepat memang seperti suara jeritan. It hanya asumsi dari mikrofon yang terkena angin sehingga tidak biisa merekam dengan sempurna dan bagus. Penjelasan mengenai video ini juga dibagikan ulang di akun Twitternya.

“Tweeps, Viral Video durasi 18 detik dari Akun TikTok @abdulazis171 yang disebut-sebut suara “Teriakan Korban2 SJ-182. Kasus “noise” begini kerap terjadi saat Mic kena Angin yang kuat, apalagi cuman HP. Makanya Mic Profesional selalu dilengkapi Muffler / Silencer agar Suara masuk klir,” cuit Roy Suryo di Twitter pribadinya @KRMTRoysuryo2.


Like it? Share with your friends!