Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Padang Minta Maaf Gara Gara Ada Siswi Non Muslim Diminta Pakai Jilbab


via: news.detik.com

Palingseru.com – Pernyataan minta maaf dari Rusmadi selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Padang ini merujuk pada buntutnya video viral yang sempat menghebohkan jagat media sosial beberapa hari lalu.

Dalam video viral, terjadi perdebatan antara orangtua murid dengan Wakil Kepala SMK Negeri 2 Padang, yang mempersoalkan aturan mengenakan jilbab di lingkungan sekolah.

Orangtua murid yang diketahui bernama Elianu Hia menolak dan merasa keberatan pada aturan itu lantaran putrinya, Jeni Cahyani Hia, siswi kelas X pada jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di sekolah itu bukan seorang muslim.

“Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa untuk ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan (sekolah) negeri,” tutur Eliana kepada Wakil Kepala SMK, Zakri Zaini, seperti dilansir Detik.com.

Video adu argumen itu pun dengan cepat menuai perhatian warganet hingga menjadi viral seperti sekarang.

Atas insiden itu, Rusmadi lantas menyampaikan permohonan maafnya atas keteledoran dan kesalahan jajarannya.

“Selaku Kepala SMK Negeri 2 Padang, saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dari jajaran staf Bidang Kesiswaan dan Bimbingan Konseling dalam penerapan aturan dan tata cara berpakaian bagi siswi,” ucap Rusmadi.

Menurut Rusmadi, pihak sekolah tidak melakukan pemaksaan atau menuntut siswi nonmuslim untuk menggunakan kerudung atau jilbab, seperti informasi yang viral di media sosial.

Hanya saja, jajarannya menjelaskan ketentuan penggunaan seragam sekolah.

“Kalau Ananda kita Jeni Cahyani Hia tidak mau menggunakan jilbab, yang bersangkutan tetap bisa sekolah seperti biasa. Sekolah memfalitasi keinginan ananda kita itu untuk berseragam sekolah seperti yang disebutkan dalam surat pernyataannya,” tuturnya.


Like it? Share with your friends!