Pada 28 Januari ini Bulan Purnama Akan Tepat Berada di Atas Ka’bah


via: inews.id

Palingseru.com – Dalam dua hari ke depan, sebuah fenomena langka akan menghiasi langit Makkah, Arab Saudi.

Ya, pada Kamis 28 Januari 2021 siang pukul 12.43 waktu setempat mendatang akan terjadi bulan purnama yang akan sejajar tepat di atas pusat kiblat umat Islam, yakni Ka’bah.

Dan yang lebih membahagiakannya, fenomena langit langka ini dapat disaksikan dengan mata tela**ang.

Adapun fenomena bulan pernama muncul secara vertikal di atas Masjidil Haram ini diumumkan oleh astronom Jeddah dalam wawancara dengan Alarabiyah, Senin (25/1).

“Bulan akan terbit bersamaan dengan matahari terbenam dari ufuk utara atau timur laut, dan terbenam di ufuk utara atau barat laut. Ini berarti ia akan menyimul**ikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam,” kata Presiden Asosiasi Astronomi Jeddah, Majed Abu Zahra, dikutip dari iNews.id.

“Akan tetapi, di utara Lingkaran Arktik, bulan tetap 24 jam berada di atas cakrawala, seperti matahari tengah malam di musim panas,” lanjutnya.

Menurut Abu Zahra, fenomena bulan purnama akan tetap sejajar dengan Ka’bah hingga tengah malam waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 04.43 dini hari.

“Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam, bersamaan dengan terbitnya matahari pada Jumat (29/1/2021),” tuturnya.


Like it? Share with your friends!