Seperti ini Penjelasan Pak Lurah Setelah Viral Pasar Muamalah di Depok Transaksi Pakai Dirham dan Dinar


via: kompas.com

Palingseru.com – Sedang heboh dan ramai di media sosial, mencuat sebuah video yang memperlihatkan aktivitas sebuah pasar yang melakukan transaksi menggunakan koin dinar dan dirham.

Pasar Muamalah itu berlangsung di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat belum lama ini.

Pasar yang menerima transaksi menggunakan koin dinar dan dirham ini sontak mendapat sorotan tajam dari pemerintah karena telah melanggar Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 17/3/PBI/2015 yang mengatur tentang kewajiban transaksi menggunakan Rupiah di mana berlaku sejak 1 Juli 2015.

Zakky Fauzan, Lurah Tanah Baru bahkan mengatakan dugaan adanya transaksi jual beli dengan mata uang asing ini sudah ditindaklanjuti aparat pemerintah.

“Hasil penelusuran dengan Babinsa dan Bimaspol serta informasi dari lingkungan, terindikasi memang ada transaksi secara muamalah di situ,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikutip Kompas.com, Zakky menjelaskan, Pasar Muamalah itu beroperasi dua pekan sekali pada hari Minggu, mulai buka pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, dengan memperjualbelikan ‘sandal nabi’, parfum, makanan ringan, kue, madu, dan pakaian.

Diakui Zakky, Pasar Muamalah yang dikelola seorang pria bernama Zaim itu juga tidak mengajukan izin beroperasi secara resmi kepada pihaknya.

“Ke kami tidak ada izin resmi,” ungkapnya.

“Saat ini di lokasi sedang ada peninjauan oleh aparat kejaksaan, didampingi oleh kasi pemerintahan kelurahan,” jelas Zakky.


Like it? Share with your friends!