Sempat Viral Transaksi Menggunakan Dirham dan Dinar, Pendiri Pasar Muamalah di Depok kini ditangkap Polisi


Suasana Pasar Muamalah usai pendirinya ditangkap polisi. (Azhar/detikcom)
Suasana Pasar Muamalah usai pendirinya ditangkap polisi. (Azhar/detikcom)

Palingseru.com – Buntut dari viralnya aktivitas Pasar Muamalah menggunakan koin dinar dan dirham dalam transaksi jual-beli, sang pendiri pasar kini diamankan pihak kepolisian.

Pendiri Pasar Muamalah Depok, Jawa Barat, atas nama Zaim Saidi ditangkap anggota dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada Selasa, 2 Februari 2021.

“Benar (Zaim Saidi ditangkap),” kata Karonpemas Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (3/2) pagi.

Zaim ditangkap karena telah melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Dimana dalam Pasal 21 UU tentang Mata Uang menyebutkan Rupiah wajib digunakan dalam setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, penyelesaian kewajiban lainnya yang harus dipenuhi dengan uang, dan transaksi keuangan lainnya.

“Dengan demikian kalau ada transaksi menggunakan denominasi non rupiah melanggar Pasal 21 UU tentang Mata Uang, dengan sanksi pidana kurungan paling lama satu tahun dan pidana denda paling banyak Rp 200 juta,” lanjut Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, dilansir CNNIndonesia.com.

Adapun beberapa transaksi yang dikecualikan dari wajib rupiah, berdasarkan peraturan BI No. 17/3/PBI/2015, yakni:

  • Transaksi-transaksi dalam pelaksanaan APBN
  • Perdagangan internasional
  • Pembiayaan internasional yang dilakukan oleh para pihak yang salah satunya berkedudukan di luar negeri
  • Kegiatan usaha bank dalam valuta asing yang dilakukan sesuai undang-undang yang mengatur mengenai perbankan dan perbankan syariah
  • Transaksi surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dalam valuta asing di pasar perdana dan pasar sekunder yang sudah diatur dengan undang-undang
  • Transaksi lainnya dalam valuta asing yang dilakukan berdasarkan undang-undang

Like it? Share with your friends!