Usai Beli Ratusan Kendaraan, Warga ‘Kampung Miliarder’ di Kuningan ini Kini melakukan Saweran


Warga 'Kampung Miliarder' di Kuningan Saweran Usai Beli Ratusan Kendaraan
Foto: Bima Bagaskara

Ratusan sepeda motor dan mobil dibeli warga ‘Kampung Miliarder’ Desa Kawungsari, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan usai mereka menerima uang ganti pembangunan Bendungan Kuningan.

Masing-masing warga menerima uang ganti mulai dari Rp 150 juta sampai Rp 1,6 miliar, hingga desa tersebut kini dijuluki ‘Desa Miliarder.

Total sudah lebih dari 300 unit sepeda motor dan 30 mobil yang dibeli warga secara cash dari uang ganti untung pembangunan Bendungan Kuningan.

Ada hal menarik yang dilakukan warga Desa Kawungsari usai membeli kendaraan. Siapapun yang membeli kendaraan baru, mereka harus melakukan saweran atau melempar uang logam.

Hal itu sudah menjadi tradisi sebagai bentuk rasa syukur warga setelah membeli kendaraan baru.

“Iya setiap beli motor atau mobil. Warga di sini pasti sawer dan itu sudah menjadi tradisi mungkin ya,” kata Desi Widesi saat ditemui detikcom di rumahnya Senin (22/2/2021).

Desi sendiri membeli sepeda motor Honda Beat seharga Rp 17 juta secara cash. Ia mendapat uang ganti untung pembebasan bidang tanah dan bangunan pembangunan Bendungan Kuningan sekitar lebih dari Rp 150 juta.

“Beli cash ini uang dari ganti untung, saya beli satu motor aja, sisa uangnya saya tabung,” ungkapnya.

Tradisi sawer itupun menarik perhatian tetangga Desi. Tampak anak-anak hingga ibu-ibu menanti uang sawer yang dilemparkan oleh keluarga Desi.

Hal serupa juga dilakukan Emak Yohana (43). Ia mengaku sangat bersyukur bisa mendapat uang ganti dari pembangunan Bendungan Kuningan meski rumah dan tanah miliknya nantinya harus tenggelam.

“Iya alhamdulilah bisa beli motor. Dapat uangnya mah enggak seberapa, tapi senang,” singkatnya.


Like it? Share with your friends!