Suka Makan Mie Instan Setiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor Payudara


Foto: TikTok @sndr
Foto: TikTok @sndr

Bahaya makan mie instan tercermin dari kisah netizen ini. Di usia 20 tahun ia mengidap tumor payudara dan harus jalani operasi pengangkatan tumor.

Di balik rasanya yang lezat, konsumsi mie instan bisa membahayakan kesehatan jika terlalu sering. Pasalnya mie instan tinggi kandungan sodium, MSG, dan rendah nutrisi.

Bahaya makan mie instan salah satunya terlihat dari cerita netizen TikTok @sndr yang viral. Saat berita ini ditulis, unggahannya pada Senin (1/3) sudah ditonton lebih dari 643 ribu kali.

Netizen bernama Sandra ini memperlihatkan foto-foto makanan tak sehat yang ia konsumsi. Ada mie instan goreng, mie instan mentah, camilan makaroni goreng, fried chicken, dan ragam junk food lainnya.

Sandra lalu menunjukkan foto dirinya saat terbaring di rumah sakit. Ia menjalani operasi pengangkatan tumor payudara pada September 2020.

Makan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor PayudaraMakan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor Payudara Foto: TikTok @sndr

Dihubungi detikfood (2/3), Sandra bercerita lebih lanjut soal kondisi kesehatannya. Wanita 20 tahun ini mengaku memang sering mengonsumsi junk food dan makanan tak sehat lainnya.

Ia sangat menyukai mie instan. Saking sukanya, Sandra bisa makan mie instan hampir setiap hari.

“Ditambah makan fast food itu juga lumayan sering. Seminggu aku bisa tiga kali, lalu aku juga suka makan mie instan digadoin yang sebenarnya bahaya,” ujar Sandra.

Selain mie instan matang, ternyata Sandra juga hobi ngemil mie instan mentah yang diremukkan bersama bumbu. “Sebenarnya (kebiasaan ini) juga bahaya karena bumbu dari mie instan sendiri kan mengandung banyak micin ya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sandra juga penggemar berat kulit ayam. Ia mengatakan hal inilah yang menjadi penyebab dirinya alami tumor payudara.

Awalnya ia merasakan ada benjolan di area payudaranya. “Lalu aku tekan-tekan dan ternyata itu memang benjolan,” ujarnya

Makan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor PayudaraMakan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor Payudara Foto: TikTok @sndr

Saat itu Sandra tidak langsung ke dokter. Ia putuskan memberi tahu orang tuanya dulu. “Aku kasih tahu papah ku dulu karena papah ku kerja di suatu rumah sakit. Papah ku bilang ini cuma keloid, nanti bakal kempes sendiri,” lanjut Sandra.

Singkat cerita, benjolan di payudara Sandra tak kunjung kempes setelah seminggu berlalu. Ia pun memutuskan periksa ke rumah sakit.

“Penjelasan dokter ya ternyata ini emang tumor payudara yang ukurannya di aku sudah 2 cm tapi pas operasi pengangkatan, ternyata ukurannya bertambah jadi 3 cm,” ujar Sandra.

Setelah kejadian ini, Sandra mengubah pola makannya menjadi lebih sehat. Ia mengatakan sekarang lebih sering makan sayuran dan mengurangi konsumsi makanan yang memakai MSG.

“Aku mengurangi makan mie yang dulunya bisa seminggu full, sekarang menjadi 2 minggu sekali, atau kadang sebulan 3 kali,” tuturnya. Begitupun dengan makanan fast food yang kini hanya dinikmatinya dua kali dalam sebulan.

Makan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor PayudaraMakan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor Payudara Foto: TikTok @sndr

“Aku kapok sih cuma aku akan tetap makan junk food dan lain-lain gitu, tapi jarang banget aja sih,” tutup Sandra.

Melihat cerita ini, banyak netizen di TikTok jadi terinspirasi untuk mulai mengurangi konsumsi mie instan dan junk food. “Gue dulu begini makannya. Akhirnya kena kelenjar untung jinak tapi after operasi karena obat keras, ngefek ke lambung,” ujar seorang netizen.

“Ya Allah terima kasih telah memberi video-video ini. Sekarang hamba sudah tobat tidak makan mie lagi,” sahut netizen lainnya.


Like it? Share with your friends!