Alami Kecelakaan dan Patah Tulang, Kini Mahasiswa ini Bisa dapat Rp 30 Juta Sebulan dari Cupang


Bupati Banyuwangi tinjau budidaya cupang. ©2021 Merdeka.com
Bupati Banyuwangi tinjau budidaya cupang. via Merdeka.com

Seorang mahasiwa di Banyuwangi bisa menghasilkan uang Rp 30 Juta sebulan dari Ikan cupang.

Awalnya mahasiwa bernama Ervando ini mengalami kecelakaan pada tahun 2017 akibat dari kecelakaan itu ia alai patah tulang dan berpikir tidak mungkin bisa bekerja kantoran.

Saat dirinya dirawat Ervando dijenguk adik kelasnya dan bercerita berhasil berjualan ikan cupang, Ervando sempat heran soalnya dirinya merasa kesusahan ketika plihara ikan cupang dan selalu mati.

Dari cerita temannya itu Ervando berusaha belajar bagaimana cara plihara ikan cupang agar tidak mati dirinya terus belajar dan belajar, dan akhirnya berhasil plihara ikan cupang.

Ervando lalu mencoba memelihara dua ekor cupang dan ternyata berhasil hidup hingga satu bulan. Berbekal ini, dia lalu beli ikan mungil ini secara partai di Medan senilai Rp 1,2 juta. Ikan tersebut dipelihara di tempat kosnya, dan dijual secara online.

Siapa sangka usaha ikan cupangnya terus berkembang, tak hanya jual cupang dirinya juga budidaya cupang bahkan pakan ternak, dirinya juga tak segan berbagi ilmu ke pada pelangannya bagaimana cara budidaya cupang agar berhasil.

“Mereka yang beli ikan cupang di sini juga saya ajarkan bagaimana memelihara ikan cupang yang benar. Misalnya mediumnya disarankan menggunakan medium air sumur, lebih baik lagi rendaman air daun ketapang. Kalau paka air PAM, warnanya cepat pudar,” terang ervando .

Berkembangnya usaha Ervando ini diiringi dengan peningkatan omset. Pada pertengahan tahun lalu, dia bahkan menerima pesanan hingga senilai Rp 30 – 40 juta per bulannya. Kini, sebulan rata-rata Rp 10-15 juta.

“Mungkin karena pandemi orang banyak di rumah, ditambah cupang sedang booming, saya bisa menikmati hasil yang tidak pernah saya pikir sebesar ini,” ucapnya.

Pendapatan besar yang dia dapatkan digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari dia. Ervando kini bisa membayar sendiri biaya kos dan kuliah. Uang yang dia dapatkan digunakan juga untuk mengembangkan usahany


Like it? Share with your friends!