Sunguh Luar Biasa, Dokter Korbankan Nyawa Untuk Operasi Pasien Jantung saat Rumah Sakit Terbakar


Dokter di RS Kota Blagoveshchensk, Rusia, tetap menyelesaikan operasi jantung meskipun RS dalam kondisi terbakar (Foto: AFP-Reuters)
Dokter di RS Kota Blagoveshchensk, Rusia, tetap menyelesaikan operasi jantung meskipun RS dalam kondisi terbakar (Foto: AFP-Reuters)

Tim dokter di Rusia dipuji karena mengorbannkan nyawa dengan tetap menyelesaikan operasi jantung terhadap seorang pasien meskipun rumah sakit terbakar, Jumat (2/4/2021).

Petugas pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api di rumah sakit Kota Blagoveshchensk, sementara di dalamnya delapan dokter tetap melakukan operasi darurat.

Bangunan rumah sakit beratap kayu membuat api cepat menjalar. Sebanyak 60 pasien serta staf rumah sakit lainnya dievakuasi, namun delapan dokter mempertahankan operasi yang masih berlangsung di lantai dasar.

“Kami harus menyelamatkan pasien ini, kami akan melakukan apa pun,” kata Valentin Filatov, kepala unit bedah kardio, dalam wawancara dengan stasiun televisi pemerintah, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (3/4/2021).

Kementerian daruat wilayah Amur menyatakan, listrik untuk ruang operasi menggunakan kabel terpisah dan aman dari amukan api.

Petugas pemadam berupaya melokalisasi kebakaran sehingga api dan asap tak masuk ke ruang operasi.

Salah satu anggota tim dokter Antonina Smolina mengatakan tidak ada kepanikan di antara staf rumah sakit terkait operasi tersebut.

Setelah operasi, pasien bedah jantung itu dievakuasi dari gedung ke rumah sakit lain. Dia dalam kondisi stabil.

Otoritas kesehatan setempat berjanji memberikan penghargaan kepada para dokter yang melanjutkan operasi serta petugas pemadam kebakaran. Tidak ada korban dalam insiden ini.

Berdasarkan pemeriksaan awal, kebakaran kemungkinan dipicu korsleting listrik.


Like it? Share with your friends!