37 Orang Sekampung Positif Covid-19 Usai Hadiri Hajatan Tetangga yang Baru Pulang dari Jakarta


Bupati Pati, Jawa Tengah, Haryanto.(Dokumen Humas Pemkab Pati, Jawa Tengah.)

Sebanyak 37 warga Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah   terkonfirmasi positif Covid-19 usai menghadiri hajatan di rumah tetangganya.

Bupati Pati Haryanto membenarkan perihal tersebut.

Menurut Haryanto, puluhan warga Desa Kuryokalangan tersebut terpapar virus corona dari tuan rumah  pemilik hajatan yang diketahui baru saja pulang dari Jakarta.

Usai hajatan, pemilik rumah yang menggelar hajatan jatuh sakit hingga harus dirawat di rumah sakit. Belakangan, dari hasil pemeriksaan swab, ia tercatat positif Covid-19.

“Benar dan kejadiannya beberapa hari lalu. Acara yang digelar berupa manaqib dan diakhiri dengan makan bersama nasi bancakan. Tuan rumah baru pulang dari Jakarta, namun tanpa disadari positif Covid-19,” kata Haryanto saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Rabu (21/4/2021)

Dijelaskan Haryanto, begitu mengetahui jika tuan rumah yang menyelenggarakan hajatan tersebut positif Covid-19, Dinkes Kabupaten Pati langsung bergerak melakukan tracing

“Dan hasilnya setelah di-swab, 37 orang warga Desa Kuryokalangan yang menghadiri manaqib tetangganya itu positif Covid-19,” terang Haryanto.

Haryanto mengatakan, hingga saat ini, penyelenggara hajatan masih menjalani karantina mandiri di salah satu rumah sakit di Kabupaten Pati. 

Sementara itu, sambung dia, sebagian besar warga yang positif Covid-19 diminta untuk isol**i mandiri di rumah masing-masing lantaran berstatus tak bergejala.

“Untuk yang isol**i mandiri di rumah diawasi ketat dan disuplai sembako. Penyelanggara hajatan yang baru pulang dari Jakarta diisol**i di RSUD Soewondo Pati karena memang sebelumnya sakit. Berkaca dari kasus ini, kami himbau masyarakat untuk waspada dengan Covid-19,” ujar Haryanto.


Like it? Share with your friends!