Curhat Netizen Saat Larangan Mudik, Lebaran sekarang mau pulang juga ngapain, ibu udah enggak ada


Petugas Kepolisan (kiri) memeriksa truk bermuatan sayur yang membawa pemudik saat melintas di check point penyekatan arus mudik di Tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) dini hari. (Antara)

Satu penyesalan yang tak bisa dipungkiri, keputusan mudik dilarang oleh pemerintah tahun lalu menimbulkan kepedihan mendalam untuk semua orang, tanpa terkecuali.

Begitu juga tahun ini, di mana mudik juga dilarang mulai berlaku 6-17 Mei 2021, semua transportasi darat, laut dan udara juga mengurangi angkut penumpang demi menekan kasus Covid-19.

Satu cerita pilu diungkap Yana Budiana pada akun media sosialnya saat mudik dilarang menimbulkan kepedihan pada dirinya hingga tidak bisa menemui ibunya yang terlanjur telah berpulang, meninggal dunia.

“Lebaran tahun kemarin saya mau pulang menemui ibu, tapi dilarang mudik. Lebaran sekarang mau pulang juga ngapain, ibu udah enggak ada. Hanya bisa berdoa. Alfatihah buat ibu saya,” tulis Yana Budiana seperti yang dikutip Indozone, Kamis (6/5/2021).

Beragam cara pun dilakukan oleh warga yang tetap ingin mudik saat pemberlakuan larangan mudik. 

Mulai dari penyelundupan orang dalam truk sayur hingga sembunyi dalam terpal dalam bak truk. Itu semua dilakukan supaya bisa berkumpul dengan keluarga di kampung.

Namun tetap saja, aksi ini bisa diketahui oleh petugas kepolisian. Para pengendara yang membawa penumpang disuruh putar balik kembali ke tempat asal.

Begitu juga bagi truk barang yang ternyata diketahui menyelundupkan penumpang juga disuruh putar balik.


Like it? Share with your friends!