Warga di Tempat ini Sampai Bakar dan Bongkar Paksa Makam Gara Gara Tolak Pemakaman Jenazah Covid 19


via: kompas.com/Makam Katolik Lingkungan I, Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan.

Palingseru.com – Aksi penolakan pemakaman warga terkonfirmasi Covid-19 nyatanya masih terus terjadi hingga kini.

Aksi penolakan sejumlah masyarakat terbaru terjadi di Lingkungan I, Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan.

Bahkan aksi penolakan dari warga itu sampai berujung upaya pembongkaran hingga pembakaran area makam warga yang dikebumikan, Sabtu (22/5/2021).

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kekesalan dan kekecewaan masyarakat terhadap petugas yang tidak melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada mereka.

“Kami sangat menyayangkan tidak ada koordinasi dengan kami di sini,” ujar Haidi mewakili warga yang menolak.

Di samping itu, juga alasan pemakaman khusus Covid-19 yang telah disiapkan pemerintah sebelumnya.

“Kami meminta agar makam kembali dibuka dan dipindahkan, karena rumah saya berada sangat dekat sekali dengan pemakaman. Kan sudah ada pemakaman khusus Covid-19 yang dibuat Pemko, kenapa harus di sini,” kata warga lain, Khoirunnisa Hasibuan.

Sementara pihak Satgas Covid-19 yang terdiri dari Kapolres Padang Sidempuan AKBP Juliani Prihartini dan personel, Sekretaris Satgas Arfan Siregar dan petugas langsung turun ke lokasi, menghentikan aksi warga.

Dalam kesempatan tersebut, dokter salah satu dokter Satgas Covid-19 Padang Sidempuan memberikan penjelasan terkait kondisi jenazah yang sudah dimakamkan di pemakaman Katolik itu tidak akan lagi menularkan virus, karena dilakukan sesuai protokol kesehatan yang ketat.

“Jadi jenazah sudah dimandikan, dibungkus, dimasukkan ke dalam petu, dikubur sedalam 2 meter. Jadi sudah sesuai protokol yang ada,” tegasnya.

Namun ternyata upaya itu masih belum dapat mereda emosi warga. Mereka tetap ngotot dan berupaya keras agar jenazah tersebut segera dipindahkan, demikian sebagaimana dikutip Kompas.com.


Like it? Share with your friends!