Pesan Orangtua Bikin Warga Asahan Viral di TikTok Ini Jadi Sosok Berkepribadian Baik


Surya Manurung bersama kakak dan adiknya merupakan anak yang spesial. Dengan perbedaan yang dimiliki, mereka tumbuh menjadi sosok anak yang memiliki mental baja.

Pemilik nama lengkap Syarif Surya Ali Manurung (27) merupakan anak dari pasangan Syarifuddin Manurung dan Alm Suryani.

Surya merupakan anak ketiga dari enam bersaudara. Mereka tinggal di rumah yang sederhana di Lingkungan V, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur, Asahan, Sumatera Utara.

Surya mengaku, pribadi mereka tertempa berkat pesan-pesan dari ayahnya yang selalu mengingatkan agar menjadi pribadi yang baik.

“Pesan ayah, jangan minder dan jaga akhlak agar tetap baik dimata orang, jangan putus asa,” kata Surya saat ditemui Suarasumut.id, Selasa (1/6/2021).

Surya dan keluarganya bersyukur masih diberikan kesehatan meski mempunyai perbedaan dari orang pada umumnya.

“Kami juga masih bersyukur meski wajah kami seperti ini. Karena diluar sana masih banyak yang tidak sempurna. Ada yang cacat sepert tidak ada tangannya, kakinya. Mereka saja bisa bersyukur masa kami enggak,” katanya.

Adik Surya bernama Sri Wahyuni mengaku, mereka sudah terbiasa menjadi pembicaraan orang. Namun hal itu dianggap sebagai hal yang biasa.

“Gak ada masalah, kalau keluar ada yang ngomongin sudah biasa. Sudah kebal, kalau dulu masih kecil ya nangis. Sekarang memang kondisinya seperti ini. Yang penting kami tetap baik aja sama orang,” kata Sri.

Dengan perbedaan yang dimiliki, Surya pun viral di tiktok. Video unggahan bersama adiknya telah di tonton jutaan orang. Bahkan salah satu videonya yang sebelumnya sudah dilihat 24 juta orang kini telah disaksikan 25 juta orang.

“Tanggapan kawan-kawan bagus. Mereka support dan bangga juga,” katanya.

Surya berkeinginan membuat channel YouTube ke depannya. Hal ini bertujuan untuk menambah penghasilan dan memenuhi biaya kehidupan keluargnya.

Saat ini Surya bekerja sebagai buruh bangunan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Sedangkan sang kakak dan adiknya meneruskan usaha ayahnya membuat kacang molen.

“Reseller juga online shop juga untuk tambahan disaat pandemi ini bang,” timpal Sri Wahyuni.

Surya dan Keluarga Dimata Tetangga

Keluarga Surya Manurung dikenal sebagai pribadi yang baik. Mereka tidak minder dengan perbedaan mereka. Dibalik kondisi fisiknya, pribadi mereka merupakan anak muda yang sopan dan taat.

“Surya ini pekerja keras, bertanggung jawab dengan keluarga. Agamanya mereka juga kuat. Begitu juga orangtuanya, rajin datang pengajian,” kata Surya Mawardi, Kepala Lingkungan V, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Kisaran Timur, Asahan, Sumut.

Ia mengaku, mereka juga dikenal mandiri. Hal itulah yang membuat warga sekitar kediaman Surya dan keluarganya salut.

“Di situ saya salutnya melihat mereka ini. Tidak mengharapkan dari orang lain. Mereka warga yang baik sejak dari orangtuanya,” jelasnya.

Ayah Surya yang akrab disapa Cik Udin juga dikenal aktif dimasyarakat. Selain itu, juga dikenal rajin datang ke pengajian.

“Kalau ke masyarakat kegiatan apa aja mau, gotong royong, keagamaan, perwiritan,” bebernya.

“Harapan saya, buatlah konten yang bermanfaat untuk masyarakat karena di tiktok itu kebanyakan gak benar. Buat konten lagi yang manfaatnya banyak ke masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Risna Nur Rahayu rekan dari Mardiah kakak Surya mengungkapkan cukup mengenal tetangganya itu. Mereka dikenal baik, ramah dan sopan.

“Surya itu anak yang sopan dan ramah. Dia juga sayang sama adik dan kakaknya,” tandas Risna.

Diketahui, video yang diunggah Surya Manurung disaksikan dua puluh juta lebih pengguna tiktok. Akun tiktoknya @suryamanurun9 kini di like 1,9 juta orang. Pengikutnya pun sudah bertambah menjadi 99 ribu orang.

Berbagai komentar pun menghiasi setiap video yang diunggah Surya Manurung. Dukungan pun banyak diberikan kepada Surya dan keluarganya.


Like it? Share with your friends!