5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bagi Pemilik Gaji Kecil


Via : Liputan6.com

PalingSeru – Bagi kalian yang sudah menikah, tentunya harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan. Kini kalian sudah memiliki prioritas selian diri sendiri. Untuk bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga, pasti ada beberapa perhitungan atau cara khusus dalam mengatur keuangan. Cara mengatur keuangan ini sangat penting untuk bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga anda.

Besar kecilnya gali memang terkadang mempengaruhi kepada cara mengatur keuangam. Terlebih jika kalian memiliki gaji bulanan tetap dengan kebutuhan hidup yang turuun naik tidka menentu. Gaji kecil akan menjadi sebuah kesulitan untuk beberapa hal dalam rumah tangga.

Kalian juga harus bisa mengatur keuangan untuk kebutuhan yang tidak terduga. Nah, karena itu sebaiknya kalian mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil agar rencana yang sudah disusun bisa tercapai tanpa adanya kekurangan. Dilansir dari Liputan6.com, Jumat (25/06/2021) beberapa cara mengatur keuangan di dalam rumah tangga dengan gaji kecil yang perlu Anda perhatikan.

1. Merencanakan Belanja Bulanan

Biasanya, kalian pasti menggunakan uang untuk mengikuti keinginan padahal belum tentu keinginan tersebut menjadi kebutuhan. Nah, bagi kalian yang memiliki gaji kecil maka sangat perlu untuk membuat rencana belanja bulanan secara tertulis. Jika sudah merencanakan belanja bulnana secara tertulis, maka setidaknya bisa meminimalisir risiko menggunakan uang untuk keperluan yang tidak dibutuhkan.

Membuat anggaran bulanan secara tertulis dengan cara membagi daftar menjadi dua yakni kebutuhan primer dan kebutuhan tersier. Dimana kebutuhan primer itu seperti makan, biaya transportasi, tagihan listrik, air, cicilan rumah, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan tersier seperti anggaran untuk belanja baju, liburan, hingga anggaran untuk jalan-jalan dengan teman.

2. Kurangi Makan Di Luar

Menikmati makanan diluar bersama keluarga jika dilakukan sesekali saja tidak kan menjadi masalah. Namun, jika hal itu dilakukan menjadi sebuah kebiasaan rutin maka itu bisa menghabiskan uang dengan sangat cepat.

Untuk bisa menghemat pengeluaran, kalian bisa memasak makanan dirumah. Kalian boleh saja makan di warung makan atau retauran untuk merayakan sebuah perayaan khusus di keluarga. Namaun, makan diluar tidak dianjurkan untuk terlalu sering.

3. Trik Atur Keuangan

Menggunakan kupon promo untuk berbelanja beragam kebutuhan dan barang lainnya sangat bermafaat dan membantu bagi kalian yang memiliki gaji kecil. Memanfaatkan untuk berbelanja beragam kebutuhan pasti akan menghemat uang kalian. Kalian harus pandai dalam mencari supermarket sedang menawarkan kupon promo. Anda bisa mencarinya di internet untuk menemukan kupon produk favorit.

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika memiliki waktu luang, mencari penghasilan tambahan namun tidak mengganggu pekerjaan utama sangat membantu. Untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa berjualan online, menjadi penulis lepas, dan lain sebagainya. Penghasilan tambahan i ni sangat membantu dalam kondisi keuangan rumah tangga Anda.

5. Kurangi Naik Kendaraan Pribadi

Agar bisa menghemat pengeluaran seperti kebutuhan akomodasi, kalian bisa mulai mengurangi menggunakan kendaraan pribadi saat berpergian. Jika pergi dengan jarak yang cukup dekta, kalin bisa menjangkauya hanya dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Hal ini bisa menghemat uang untuk pembelian bahan bakar.

Selain itu, kalian bisa menggunakan angkutn umum yang memiliki ongkos lebih murah dibandingkan kendaraan pribadi. Seperti pergi bekerja dengan jalan kaki dan pulang bekerja dengan angkutan umum pasti akan lebih hemat.


Like it? Share with your friends!