Tetangga Tak Ada Yang Berani Urus Jenazah Yang Tewas Akibat Terpapar Corona, Pak Polisi Ini Dengan APD Seadanya Memberanikan Diri Untuk Memakamkannya


via: wawasan.suaramerdeka.com

Palingseru.com – Ini adalah salah satu gambaran pilu dari kesadisan dan kekejaman virus Corona. Warga tidak hanya dibuat sengsara karenanya, tapi juga sampai meregang nyawa, hingga bahkan menghilangkan jiwa kemanusiaan antar sesama.

Seperti apa yang tertuang dalam kejadian di Semarang, Jawa Tengah. Gara-gara takut tertular virus Corona, warga enggan mengurus jenazah yang meninggal karena Covid-19.

Padahal, dalam Islam, jenazah harus segera diurus dengan tidak menunda-nunda pemandian dan penguburannya. Pasalnya, orang yang telah meninggal dunia akan mengeluarkan cairan. Dan cairan ini yang akan menyebabkan bau tak sedap.

Tapi beruntungnya, di kala ketakutan warga, datang seorang pahlawan yang membantu mengurus jenazah dari warga bernama Modin.

Dia adalah Kasubnit Pam Obvit Sat Samapta Polrestabes Semarang, Aiptu Andi Suwarno.

Dengan menggunakan APD hasil ciptaannya sendiri, yang dibuat dari jas hujan, jaket polisi hijau, sarungan tangan, face shield dan sepatu boot, Aiptu Andi mulai memandikan jenazah tetangganya di Perum Graha Sendangmulyo Tembalang itu.

“Saat dipulangkan dari rumah sakit ke rumah. Warga tidak ada yang berani. Pak Modin tidak mempunyai teman. Akhirnya saya diundang,” kata Aiptu Andi.

“Saya sempat ribu sama istri karena takut terpapar saat memandikan jenazah. Tapi saya bilang, yang saya lakukan untuk menolong orang,” Aiptu Andi menjelaskan dirinya yang sempat beradu argumen dengan istri sebelum memulasarakan jenazah tetangganya, dilansir wawasan.suaramerdeka.com.

Seusai dimandikan, jenazah kemudian dibawa ke pemakaman di Demak dengan menggunakan mobil PMI.

“Saya tidak langsung pulang ke rumah setelah memandikan jenazah. Saya mandi di rumah yang satunya, dan baju saya beserta jas hujan langsung saya rendam detergen. Ya begitulah risikonya,” terangnya.

“Saya meminta doa, agar saya kuat dapat membantu masyarakat,” harap Aiptu Andi.


Like it? Share with your friends!