Gadis Papua ini Dulu Kabur Karena Disuruh Nikah Kini Dirinya Jadi Kowad TNI AD


via: brilio.net

Palingseru.com – Seperti yang banyak orang katakan, bahwa hidup adalah pilihan. Begitu pun bagi seorang gadis yang berasal dari Papua ini.

Dia memilih jalan hidupnya yang sekarang, walau hal itu bertentangan dengan orangtua dan tradisi di tempat tinggalnya.

Dimana wanita bernama Elizabeth Mansum ini nekat pergi meninggalkan keluarga dan enggan menuruti kemauan orangtuanya yang menikah muda, sesuai adat setempat.

Tapi keputusan yang diambilnya itu berbuah manis dan bahkan membanggakan bagi kedua orangtuanya.

Pasalnya, jalan yang ia pilih menuju sukes, menghantarkan kesejahteraan bagi keluarga dengan lulusnya Elizabeth dari tes Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad).

“Puji Tuhan saya diterima. Dan waktu itu saya tidak sempat kasih izin ke orangtua. Saya ditelepon harus cepat ke Kodam. Saya ke Kodam tidak balik-balik dan langsung tinggal di mess. Orangtua saya panik, saya pun jelaskan. Tapi mereka tidak percaya. Karena gosip di kampung,” cerita Elizabeth, dilansir brilio.net.

via: brilio.net

Ya, perjuangan Elizabeth untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Kowad memang dirasa berat. Sebab, orangtuanya, yang seharusnya berperan penting dalam mendukung keputusannya ini justru menjadi perusak semangat dan mentalnya.

Berulang kali, orangtuanya menjatuhkan semangatnya dalam meraih cita. Orangtuanya masih tetap pada pendiriannya, untuk menikahkannya di usia muda.

“Orangtua tidak setuju. Kadang saya dimarahi, dicaci maki. ‘Buat apa tes Kowad. Kita makan saja sudah susah, orangtua kadang pinjam uang, jadi buat apa?’. Kata papa saya tes Kowad itu butuh biaya yang banyak. Tapi saya menjelaskan TNI itu tidak perlu biaya. Tapi di situ orangtua menjatuhkan saya, mereka tidak mendukung saya. Saya bilang kepada kedua orangtua saya, bagi Tuhan semua itu tidak ada yang mustahil,” kenang Elizabeth, sembari menangis.

via: brilio.net

Tentangan dari orangtua serta kondisi perekonomian keluarga itulah, yang semakin menambah semangat, mendorong Elizabeth untuk mewujudkan cita-citanya.

Ditambah, menjadi Kowad dengan menggunakan seragam tentara sudah menjadi cita-citanya sejak kecil.

“Sebetulnya saya dari kecil, dulu ketika lihat di Manokwari ada Batalyon, sebelum jadi Kodam XVIII/Kasuari. Ada bapak-bapak tentara baju loreng, saya ingin sekali bisa memakai juga. Itu jadi cita-cita saya. Saya nggak tahu namanya waktu itu, cuma bilang ‘baju kacang hijau’,” papar dia.

via: brilio.net


Like it? Share with your friends!