Sempat Dimarahi Anak, Pria Tak Lulus SD Ini Sukses Bikin Helikopter Dari Barang Bekas


Via : iNews.id

PalingSeru – Usman Jalil seorang pria berusia 65 tahun yang berhasil membuat helikopter dari bahan bekas. Meski tidak lulus sekolah dasar (SD), ia berhasil mewujudkan idenya meski awalnya mendapat penolakan dari anak dan menantunya.

Ide itu berawal saat dia masih bekerja di saumill atau tempat pemotongan kayu. Karena jalan yang hancur dan jarak tempuh yang lama, maka ia berpikir bagaimana caranya agar bisa sampai di lokasi sumill dengan cepat. Kemudian, pada tahun 1997 ia mmebuat royyan da berhasil terbang selama beberapa tahun.

“Kalau gagalnya dak terhitung lagi, berpuluhan kali gagal,” ucapnya.

Kemudian, ia kembali membuat helikopter dari ahan sisa besi tua. pembuatan helikopter ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Semua ia menggunakan barang bekas. Seperti epala helikopter terbuat dari bekas kepala mobil, badan helikopter ia gunakan dari sisa-sisa besi tua dan tenaga pemutar yakni baling-baling menggunakan dua unit mesin kendaraan bermotor.

Semua cara pembuatan helikopter ituu ia peroleh secara otodidak. Ia mengatakan bahwa helikoopternya ini hanya kurang tali seplin, sama shok breaker dan kelahar duduk dan dirinya yakin bisa terbang helikopter ini.

“Saya kumpul kumpul duit hasil penjualan depot air untuk membeli bahannya,” kata dia.

Jika ditotalkan, ia ssudah menghabiskan biaya sekitar Rp 35 hingga Rp 40 juta untuk membuat helikopter itu dalam meeujudkan idenya itu, Usmaan sempat dimarahi anak dan menantunya. Mereka menlai jika pembuatan helikopter itu hanya membuat-buang biaya saja.


Like it? Share with your friends!