Gara-Gara Tak Punya Uang Untuk Pulang, Bapak Ini Nekat Dayung Perahu Pinrang Sulsel-Buton Tengah Sultra


Via : detik.com

PalingSeru – Samidin pria 45 tahun nekat mendayung perahu dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuju Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pria asal Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Selatan ini sudah 5 tahun meranntau.

Samidin memulai perjalanannya sejak 3 Juli 2021 dari Kabupaten Pinrang dan tiba di pesisir pantai pantai Labuange, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru pada Senin (5/7/2021).  Ia nekat pulang kampung manaiki perahu karena keterbatasan biaya.

“Sudah 2 hari 2 malam mendayung baru sampai di sini (Barru) itu pun karena hampir tenggelam karena sampan yang saya gunakan bocor, makanya singgah dulu menambal perahu baru lanjut lagi,” kata Samidin membuka pembicaraan saat ditemui detikcom.

Samidin selama ini bekerja sebagai petani rumput laut yang memiliki pendapatanyang tidak seberapa. Selain itu, ia juga tidak memiliki kerabat dekat di Sulsel, sehingga membuat dirinya tidak tahu harus meminta bantuan ke mana.

“Tidak ada ongkos pulang, pendapatan jadi petani rumput laut tidak seberapa jadi ya terpaksa seperti ini, mungkin sudah takdir harus hidup di pesisir dengan sampan dan melakukan perjalanan ini,” terangnya.

Samidin harus menempuh jarak ratusan ribu mil. Dalam perjalannanya, terkadang Samidin mendapatkan tantangan suaca buruk yang harus ia hadapi. Namun, diakui olehnya selama 2 hari perjalanannya ia menapati para nelayan yang sangat ramah pada dirinya.

“Saya akan berpesisir saja, karena di lautan bebas tidak mungkin, kalau capek berhenti lagi, yang namanya ajal sudah diatur,” tandasnya.

“Nelayan-nelayan yang saya temui baik-baik. Dikasih makan dan ditemani ngobrol, mudah-mudahan semuanya lancar sampai tujuan,” harapnya.


Like it? Share with your friends!