Hidup Sendirian, Mbah Sardi Bikin Gubuk Dan Tinggal Di Tengah Hutan


Via : merdeka.com

PakingSeru – Mbah Sardi seorang lansia yang memilih tinggal sendirian di tengah hutan dengan rumah sederhana sebagai tempat berlindung dari berbagai cuaca. Ia membangun gubuk di tengah-tengah bukit bebatuan terjal di balik keindahan alam Wonogiri, Jawa Tengah.

“Enggak ada tetangga begitu, ya cuma rumahnya Mbah Sardiah. Nampak seperti gubuk, padahal itu rumah berpenghuni,” ungkap sang presenter ada kanal YouTube Discovery Wonogiri.

Selama ini Mbah Sardi tinggal seorang diri tanpa ditemani keluraga. Untuk bisa tiba di rumah sederhana miliknya, orang-orang harus melewati jalan kecil dan berbatu. Selain itu rumah Mbah Sardi juga jauh dari jalan.

“Itu rumahnya Mbah Sardi, cuma sendirian. Rumahnya jauh dari jalan, kalau mau ke sana lewatnya tegalan (jalan kecil) gini,” lanjutnya.

Selama tinggal di hutan sendirian, Mbah Sardi kesulitan mendapatkan air bersih. Ia harus memikul air untuk dibawanya ke rumah. Air yang setiap hari ia pikul itu digunakan untuk mandi dan minum. Menurut Mbah Sardi, air merupakan keperluan yang sangat penting.

“Air itu yang penting. Air itu ya bawa dari sana yang diminum itu, kalau yang buat saya mandi ya juga dari situ,” katanya.

“Jadi dibawa dari sana?” tanya sang presenter.

“Iya,” singkatnya.

Tidak hanya air, dalam rumah sederhananya itu Mbah Sardi hanya memiliki perabotan sederhana dan tradisional. Meski hidup di tengah hutan dalam kesederhanaan, Mbah Sardi merasa cukup dan bahagia karena selama ini ia tidak pernah mendapat gangguan dari hewan liar.

“Ini keadaan rumahnya Mbah Sardi, guys. Masih tradisional dan desa banget suasananya,” kata sang presenter.

“Gak ada (hewan yang mendekat),” terang Mbah Sardi.

“Katanya ada yang bilang didekati macan gitu, mbah. Bohong berarti ya mbah,” kata sang presenter.

“Gak ada,” tegasnya.


Like it? Share with your friends!