Kabar Gembira, Pekerja Bergaji Rp 3,5 Juta Akan Dapat Bantuan Subsidi Gaji Dari Pemerintah Sebesar Rp 1 Juta


via: kompas.com

Palingseru.com – Sebuah kabar gembira diumumkan pemerintah pada Rabu, 21 Juli 2021. Melalui Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, pemerintah bakal melanjutkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau program BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Bantuan yang menyasar kepada pekerja dengan gaji Rp 3,5 juta ini terbilang sebesar Rp 1 juta, yang dicairkan dalam dua tahap (selama dua bulan dalam sekali pencairan).

“Peserta yang (mendapat subsidi upah) adalah yang membayar iuran dengan iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 3,5 juta, sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan,” demikian sampai Ida dalam konferensi pers.

Kategori penerima bantuan tidak hanya sebatas pekerja dengan gaji Rp 3,5 juta, tetapi juga yang berada di daerah pandemi Covid-19 level 4 serta harus berada dalam industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, transportasi, aneka industri properti, dan real estate, seperti dilansir Kompas.com.

Dan seperti di program bantuan sebelumnya, daftar penerima BSU di tahun 2021 ini juga berdasarkan data yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

“Data penerima bantuan kami akan ambil dari data BPJS Ketenagakerjaan dengan batas waktu pengambilan 30 Juni 2021, sehingga hanya yang telah terdaftar dalam batas waktu tersebut yang mendapat (BSU),” tutur Ida.

“Mudah-mudahan dengan subsidi membantu para pekerja di luar sektor kritikal untuk bisa bertahan dalam kondisi pembatasan aktifitas masyarakat.”


Like it? Share with your friends!