Sisihkan Uang Jajan Selama 3 Tahun, Bocah 8 Tahun Ini Akhirnya Bisa Beli Hewan Kurban


Via : INDOZONE.ID

PalingSeru – Hanifa Isnani bocah perempuan berusia 8 tahun yang mampu berkurban pada hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah dari uang hasil tabungan di celengannya. Meski masih duduk di bangku kelas tiga Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 4 Solok, Sumatera Barat ia membuktikan bahwa anak seusia dirinya juga bisa berkueban.

Selama tiga tahun sejak Hani duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) ia sudah memulai menabung dengan niat untuk berkurban. Setiap hari ia selalu menyisihka uang jajanya Rp 1.000 hingga Rp 5.000. Selain itu, ia juga bekerja mengupas bawang hingga 15 Kg perhari dengan upah Rp 22 ribu hingga Rp 25 ribu.

“Dia tidak terlalu suka bermain. Malah mengisi waktunya dengan bekerja mengupas bawang petani yang ada di sini, lalu upahnya ditabung dalam celengan,” kata orang tua Hani, Roza Linda (38).

Dengan ditemani oleh kedua orangtuanya, Hani menyerahkan uang itu ke panitia kurban di Masjid Nurul Iman, Batu Bagiriak, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar.

Meski tidak diwajibkan berkurban karena usianya yang masih muda. Namun, Hai tetap kukuh dengan pendiriannya. Sebagai orang tua, Linda mengaku bangga dengan ketulusan anaknya yang sudah ikut berkurban meski berusia belia.

“Bahkan saya sendiri sampai saat ini masih belum ikut berkurban, semoga tahun depan bisa ikut,” kata dia.

Bersama dengan beberapa orang lainnya, Hani patungan berkurban satu ekor sapi dengan harga Rp 2,5 juta per orang. Kemudian daging kurban atas nama Hani itu diserahkan kepada kerabat dan tetangga sekitar.

“Saat membuka celengan, uang tabungan Hani hanya ada Rp2,1 juta, sedangkan untuk kurban Rp2,5 juta. Namun melihat Hani begitu bersemangat untuk berkurban. Kami pun menambahkan Rp500 ribu dan sisa tabungannya Rp100 ribu untuk keperluan Lebaran,” ujar Linda.


Like it? Share with your friends!