Pria Ini Nekat Ibadah Haji Dengan Berjalan Kaki Dari Pekalongan Ke Mekah


Via : grid.ID

PalingSeru – Seorang pemuda asal Pekalongan, Jawa Tengah bernama Mochammad Khamim, viral berkat aksi nekatnya menunaikan ibadah haji dengan cara berjalan kaki. Pada 28 Agustus 2016 lalu Khamim yang merupakan Sarjana Ekonomi dari Universitas Negeri Semarang berangkat dari kampung halamannya di Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan.

Dirinya nekat berangkat haji dengan melewati beberapa negara dengan terus berjalan kaki menuju ke Mekah. Tak jarang Khamim harus istirahat di masjid, menumpang di rumah orang yang ditemui, atau bahkan bermalam di hutan berbagai negara.

Diakui olehnya, ketika ia harus bermalam di rumah ibadah agama lain Khamim harus bermalam di rumah ibadah agama lain yang bagus. Dalam aksinya ini, ia menargetkan tiba di Kota Mekah tanggal 30 Agustus 2017 atau sebelum Wukuf. Atau dengan estimasi berjalan kaki selama 1 tahun untuk naik haji dengan menempuh 9 ribu kilometer dan melintasi banyak negara.

Namun, kenyataannya ia tiba lebih cepat di Kota Mekah dari waktu yang diperhitungkan. Terlihat dalam postingan di Facebook, Kamis 27 Juli 2017 dia berfoto dengan background Ka’bah di Masjidil Haram. Selama perjalanan, Khamim hanya memimun campuran air dam madu untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dari perubahan cuaca di negara-negara yang dilalui.

Selama perjalanan itu, Khamim hanya membawa kaos dan celana, dua pasang sepatu, kaus kaki, pakaian dalam, kantung tidur dan tenda, lampu, telepon pintar dan GPS. Perlengkapan itu ia masukkan dalam sebuah ransel besar yang di luarnya terpasang sebuah bendera mini Indonesia, Merah Putih.

“I’m on my way to Mecca by foot,” bunyi tulisan yang terpampang di kausnya.


Like it? Share with your friends!