Mengenal Bank Emok, Rentenir Keliling yang Bikin Dina Gantung Diri dan Bunuh Dua Anaknya


via: jabar.suara.com

Palingseru.com – Manis di awal, pahit di akhir. Begitulah gambaran meminjam uang kepada rentenir.

Di awal, disaat seseorang berhasil mendapat pinjaman yang diinginkan, dia akan dibuat senang.

Tapi begitu utang sudah berjalan, maka si pemilik utang juga akan dibuat kalang-kabut karena bingung melunasi utang dengan bunga yang semakin membesar.

Dan inilah kondisi yang sempat dihadapi almarhumah Dina Rosdiana Yulianti, 31 tahun, warga Cipatat, Bandung Barat.

Sebelumnya, ia bersama sembilan temannya yang terbentuk dalam suatu kelompok melakukan pinjaman mikro yang ternyata berkedok praktik rentenir, yaitu Bank Emok.

Dina meminjam uang senilai Rp 5 juta dari bank tersebut.

Namun mengingat kondisi Tanah Air yang sedang dilanda wabah Covid-19, Dina tidak bisa melunasi utang-utangnya di saat ini.

Tapi yang namanya rentenir, tidak ada istilah tawar menawar waktu.

Karena hal inilah, Dina diduga nekat mengakhiri hidupnya sendiri. Dia bahkan juga tega membunuh kedua anaknya terlebih dahulu, yaitu Yumna Tamimatujinan (4 tahun) dan Abqori Abrurahman Burhan (2,5 tahun), melansir nasional.okezone.com.

“Iya, diduga keras seperti itu. Intinya almarhumah terlilit utang kemudian pamit. Info dari suaminya (utang) ke teman korban Rp 5 juta,” kata Kasatreskrim Polres Cimahi, AKP Yohannes Redhoi Sigiro.

Dugaan Dina bunuh diri karena utang ini pun semakin diperjelas dalam surat wasiat tulisan tangannya. Dia juga meminta maaf kepada suami dan keluarga.

“Hasil penelusuran sepintas polisi dari suaminya, korban punya utang dilihat juga dari surat wasiat. Tapi informasi belum pasti pinjam dari siapa-siapanya tapi bilangnya dari teman orang Ngamprah diduga bank emok,” tutur AKP Yohannes.


Like it? Share with your friends!