Pemuda Surabaya ini Tak Menyangka Bisa Jadi Tentara Amerika Serikat, Gajinya Bisa Sampai Rp 718 Juta


via: suara.com

Palingseru.com – Inilah rezeki, datangnya tak terduga dan bisa dari arah mana saja. Persis seperti kisah yang akan dibahas dari seorang pemuda asal Surabaya, Jovan Zachary Winarno.

Diawali tahun 2018, ketika Jovan menginjakkan kaki di Amerika Serikat. Kedatangannya ke Negara Paman Sam saat itu ialah meneruskan pendidikan, dengan modal nekat. Sebab dia saat itu sama sekali tidak tahu bahasa Inggris.

Kemudian, Jovan dibantu oleh teman ayahnya pindah ke Texas, dan sempat bekerja sebagai pelayan restoran di sana selama enam bulan.

“Setelah itu ada anaknya temen papa saya, dia tawarin saya kalau mau masuk tentara. Akhirnya saya masuk, setekah tahu ada banyak benefit-nya,” cerita Jovan lewat wawancara Skype dengan VOA beberapa waktu lalu.

“Awalnya enggak ada niatan sama sekali,” ungkapnya.

Pun demikian dengan keluarganya di Surabaya, yang sempat tidak memberikan izin karena dianggap berisiko.

“Awalnya (keluarga) kayak, ‘ngapain gitu masuk tentara?’,” kata Jovan masih dengan logat Jawa kental.

Namun karena sudah terlanjur mendaftar, ditambah berbagai keuntungan yang ditawarkan seperti tunjangan sekolah, asuransi kesehatan, tempat tinggal, makan sehari-hari, dan biaya untuk tempat kebugaran, Jovan melanjutkan tekadnya menjadi tentara.

Jovan yang memilih angkatan laut akhirnya mengikuti pelatihan selama dua minggu. Dan selanjutnya, Jovan mengikuti tes untuk menentukan pekerjaannya, dan pilihannya jatuh ke jabatan teknisi kapal, yang melakukan pengecekan pada mesin kapan angkatan laut yang tengah bersandar dengan jam kerja selama 9 jam (pukul 7 pagi sampai 4 sore), dan sebanyak tiga kali seminggu, mengutip suara.com.

“Kerjanya gampang aja. Terus Sabtu, Minggu juga libur,” ujar Jovan.

Sedangkan untuk bayaran yang diterimanya sendiri, Jovan menyebut kisaran Rp 575 juta sampai Rp 718 juta untuk per tahunnya.


Like it? Share with your friends!