Barter Emas di Pedalaman Papua, 1 Gram Emas Cuma Dapat 1 GB Internet


via: kompas.com

Palingseru.com – Walau zaman semakin modern dan canggih, sistem barter atau kegiatan tukar menukar barang tanpa melibatkan uang sebagai alat transaksi nyatanya masih berlaku, diterapkan sebagian penduduk daerah di Indonesia sampai saat ini.

Papua, adalah salah satunya. Warga di pedalaman Papua masih menggunakan tradisi yang sudah dijalani dari nenek moyang terdahulu.

Akan tetapi, barang yang digunakan untuk menukar tidaklah main-main. Bukan berupa bahan pokok, seperti beras atau hasil panen buah, melainkan emas murni.

Dalam video beredar, unggahan dari akun Instagram @makassar_iinfo, Jumat (13/8), terlihat dua pemuda menukarkan satu gram emas untuk kuota internet kapasitas 1 Gigabyte (GB).

“Ini yang mau tahu harga voucher WiFi. Ini untuk WiFi Ubiqu dia 100 MB 1 kaca (0,1 gram emas), 300 MB 3 kaca (0,3 gram emas) dan seterusnya sampai 1 GB itu harganya 1 gram,” ucap perekam video.

Sementara untuk dua ekor ayam dan satu kilogram gula, dua pemuda itu harus menukarkan dengan 2 gram emas.

Barter menggunakan emas ini sebenarnya sudah lama dijalani, hanya saja dengan mencuatnya video baru-baru ini membuat tradisi barter di pedalaman Papua menjadi viral dan heboh.

Sedangkan harga dagangan yang mahal hingga ditukar dengan emas dalam hitungan gram, dijelaskan pengunggah video atau pemilik dari akun TikTok @syahtiam, disebabkan lokasi yang tak dapat ‘terjamah’ oleh transportasi, selain helikopter.

“Kenapa mahal, karena transportasi kita pake helikopter buat naikin barang. Sekali sewa heli 60-70 juta per 25 menit. Itu seminggu minimal 1 kali pemakaian heli. Ini di luar modal kios,” ungkap dia, demikian dilansir Kompas.com.


Like it? Share with your friends!