Seperti Ada Kekuatan Tersendiri, Batu 1 Meter Ini Tak Bisa Dipindah Meski Dengan Eskavator


Via : dream.co.id

PalingSeru – Dianggap keramat dan menyimpan banyak misteri, sebuah batu berdiameter sekitar satu meter yang tidak jauh dari gua petilasan Pangeran Mangkubumi di Dukuh Gebangkota, Desa Gebang, Masaran, Sragen, Jawa Tengah itu sebagian terpendam tanah.

Batu yang berada di pinggir jalan itu hendak dipindahkan ke lokasi lain agar tidak mengganggu akses jalan yang baru saja dibangun. Namun, ekskavator yang digunakan untuk memindahkan batu itu dari tempatnya tidak mampu mengangkat batu yang menyimpan misteri tersebut.

“Karena ekskavator tak mampu, kemudian kami mendatangkan tukang ahli pecah batu. Ia sempat datang ke sini. Namun, ia hanya menengok batu itu dan tidak mau memecah batu itu. Bagi warga sekitar, batu itu akhirnya jadi misteri karena tidak bisa dipindah,” kata Tumin, 55, warga sekitar saat ditemui Solopos.com di lokasi, Minggu (19/9/2021).

Misteri batu keramat di Desa Gebang, Sragen, yang katanya tidak bisa pindah itu akhirnya terjawab. Seorang sesepuh memberi tahu batu itu merupakan nisan seorang panglima perang wanita pengikut setia Pangeran Mangkubumi yang bernama Panembahan Senopati Nyai Tuginah Wiro Atmojo yang merupakan putri Tumenggung Wiro Atmojo.

“Itu cerita dari sesepuh yang paham soal kebatinan. Batu itu dipercaya adalah nisan pemberian Pangeran Mangkubumi sebagai penanda makam anak buahnya yang gugur,” ujar Tumin.


Like it? Share with your friends!