Kisah Penyelam dan Pencari Koin di Sungai Yamuna



Ada sebuah ritual unik di India tepatnya di  Sungai Yamuna setiap perahu yang melewati sungai ini maka akan melakukan ritual melempar koin ke  sungai Yamuna hal ini mereka lakukan untuk menghormati Dewi Sungai.

Sungai yamuna memiliki cerita dan ritual tersendiri dan sungai ini juga menjadi tempat untuk mencari nafkah bagi para penyelam yang mencari koin kedalam sungai Yamuna.

Ketika ada perahu yang melewati sungai Yamuna maka para penumpang perahu tadi akan melakukan sebuah ritual melempar koin kedalam sungaai hal ini mereka lakukan karena untuk menghormati Dewi sungai yang menjaga sungai Yamuna.

Ritual lempar koin tadi ternyata dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mencari rejeki untuk mencari koin yang sudah dilemparkan kedalam sungai tadi.

Orang orang yang mencari koin di dasar sungai biasa disebut sebagai penyelam koin. Para penyelam koin ini akan bekerja sepa**ang tahun untuk menyelam dan mencari koin walaupun musim dingin mereka juga tetap menyelam untuk mencari koin.

Tantangan terberat terjadi ketika musim dingin tiba. Dingin airnya bahkan bisa menusuk sampai ke tulang.

Slah satu orang yang berprofesi sebagai penyelam koin adalah Sartaj Ahmed, 22 ia telah berburu koin sejak 6 tahun yang lalu setidaknya dalam sehari Ahmed bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp 17.717-35.435.

“Dalam beberapa hari saya bisa mengumpulkan 100-200 rupee (Rp 17.717-35.435). Bahkan jika beruntung, saya bisa menemukan pernak-pernik kecil. Suatu hari, saya pernah menemukan sebuah cincin emas,” ucap Sajad Ahmed, 34, pria yang telah bekerja selama 20 tahun sebagai pemburu koin, seperti dilansir Odditycentral (3/3).

Namun banyaknya para pemuda yang ikut menjadi penyelam koin membuat pencarian koin di dalam sungai menjadi sulit akibatnya merka menjadi berebut ketika mencari koin di dasar sungai.

Stidaknya para penyelam ini akan menyelam selama 20 sampai 30 menit – sebelum mereka kembali ke permukaan dan mencoba lagi di tempat yang berbeda. Para pemburu koin biasanya mulai bekerja pada jam 7 atau 8 pagi dan berhenti saat istirahat makan siang.

Nah ingin lihat videonya ?

baca juga: 10 Tujuan Menyelam Terbaik Untuk Pemula


Like it? Share with your friends!