Ngeri! Ratusan Napi Saling Bunuh di Lapas, 116 Orang Tewas, Kepala Korban Sampai Ada Yang Terpenggal


via: inews.id

Palingseru.com – Aksi perkelahian antar narapidana alias napi memang tak dapat terhindarkan. Bahkan kasus berikut ini sampai melibatkan ratusan napi dan menewaskan hampir dari sebagiannya.

Peristiwa mengerikan ini terjadi lembaga pemasyarakatan (Lapas) Litoral, Kota Guayaquil, Equador.

Dilansir jabar.inews.id, perkelahian melibatkan dua kelompok atau geng napi yang menjalani pembinaan di dalam lapas tersebut. Dua geng yang berseteru itu adalah Los Lobos dan Los Choneros, kelompok yang diyakini berada di bawah naungan kartel narkoba di Meksiko.

Perkelahian pun tidak hanya melibatkan tangan kosong, tetapi senjata api hingga bahan peledak yang suara letusannya terdengar di beberapa paviliun sebelum akhirnya petugas mengamankan para napi.

Menyusul peristiwa itu, Presiden Equador, Guillermo Lasso mengumumkan jumlah kematian yang disebabkan bentrokan antarnapi. Sedikitnya ada 116 napi yang meninggal, dimana 8 diantaranya tewas dengan kondisi sangat mengenaskan, kepala terpenggal.

Sementara 80 napi lainnya mengalami luka-luka.

“Sangat disesalkan, penjara diubah menjadi tempat perselisihan kekuasaan oleh geng-geng kriminal,” kata Guillermo Lasso.

Dengan mewaspadai agar kejadian tersebut tidak terulang kembali, Guillermo Lasso mengerahkan polisi dan tentara berjaga di dalam lapas.

Di sisi lai, Mantan Presiden Dewan Rehabilitasi Nasional Equador Ledy Zuniga menyebut bahwa aksi pembantaian atau bentrokan di Lapas Litoral ini adalah peristiwa paling parah dan tragis dalam sejarah.

“Dalam sejarah negara, belum pernah ada insiden serupa atau mirip dengan ini,” ucapnya.


Like it? Share with your friends!