Viral Anak Lahir Dengan Nama Panjang Berjumlah 19 Kata, Orangtua Ngaku Kesulitan Urus Dokumen


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Tiga tahun sudah menjalani hidup dengan nama panjang hingga 19 kata, balita pasangan Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah kini kesulitan untuk mendapatkan akta kelahiran.

Sebelumnya, putra mereka yang lahir pada 6 Januari 2019 viral karena diberikan nama panjang, bahkan dinobatkan nama terpanjang di Kabupaten Tuban. Adapun namanya yakni, Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syafudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Di awal pemberian nama, semuanya berjalan normal dan baik-baik saja. Tapi seiring bertambahnya waktu, di saat orangtua ingin membuatkan akta kelahiran kelengkapan dokumen, hal tak terduga terjadi.

“Kami kesulitan mengurus akta anak, sudah sekitar tiga tahun mengurus tapi tidak bisa,” kata Arif.

Tak lain karena panjangnya nama sang anak. Bahkan Arif sampai menerima penolakan berulang kali dari pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban.

“Saya disuruh merubah nama anak, padahal nama tersemat doa untuk kebaikannya. Kalau harapan tentu bisa diproses aktanya, karena saat masuk TK akta dibutuhkan,” tutur Arif.

Sementara dari pihak Disdukcapil Kabupaten Tuban, mereka mengklarifikasi bahwa pihaknya tidak meminta pasangan Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah untuk mengganti nama putra mereka.

“Kami tidak meminta pemohon mengganti nama, tapi menyesuaikan karakter huruf yang tersedia,” kata Kepala Disdukcapil, Rohman Ubaid.

Lebih lanjut, Ubaid menerangkan biodata base sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) Ditjen Dukcapil memiliki batas 55 karakter huruf.

“Kami tegaskan (sekali lagi) bukan menyuruh untuk diganti nama, tapi disesuaikan 55 karakter huruf termasuk spasi tiap kata,” tuturnya. Demikian dilansir TribunSurabaya.com.


Like it? Share with your friends!